3 Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Suci Madinah

Travel Umroh Bandung Kota Madinah merupakan salah satu tempat tujuan Nabi Muhammad SAW untuk berhijrah dari Mekkah. Apakah kalian tahu bahwa di Madinah terdapat tiga Masjid tertua yang pernah dibangun? Dan di sini kami akan sedikit memberi tahu Masjid apa sajakah yang pernah dibangun di Madinah dan inilah ketiga Masjid tersebut.

3 Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Suci Madinah - Masjid Quba
Masjid Quba

Yang pertama, Masjid Quba adalah Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah saw.pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba,sekitar  5km disebelah tenggara kota Madinah dan didalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Masjid Quba adalah Masjid yang dibangun diatas dasar takwa.

Yang selanjutnya kami akan menjelaskan sedikit tentang Masjid Nabawi. Masjid Nabawi adalah masjid yang dibangun pada tahun 622 M setelah kedatangan Rasul di kota Madinah,dan tempat pembuat Masjid ini merupakan tempat pemberhentian unta yang ditunggangi oleh Nabi. Pada saat itu para masyarakat Madinah menginginkan dan berebut Nabi Muhammad SAW agar tinggal dirumah mereka

3 Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Suci Madinah - Masjid Nabawi
Masjid Nabawi

Masjid ini merupakan Masjid terbesar didunia. Apakah kalian tahu bahwa Masjid Nabawi ini merupakan bekas tempat tinggal atau rumah Nabi Muhammad SAW? Masjid ini merupakan tempat tersuci kedua setelah Masjidil Haram di Mekkah. Pada awalnya Masjid ini dibangun tanpa atap. Selain digunakan untuk berkumpulnya para masyarakat, masjid ini juga digunakan sebagai sekolah agama.

Yang terakhir adalah Masjid Qiblatain (Masjid dua kiblat). Masjid ini adalah Masjid yang terkenal di Madinah. Pada awalnya masjid ini dikenal dengan nama Masjid Bani Salamah karena Masjid ini dibangun di atas bekas rumah Bani Salamah. Apakan anda tahu kenapa Masjid ini disebut Masjid dua kiblat?

3 Masjid Tertua dan Bersejarah di Kota Suci Madinah - Masjid Qiblatain
Masjid Qiblatain

Jadi seperti ini awalnya kiblat itu menghadap ke arah Baitul Maqdis (nama lain Masjidil Aqsha) di Yerusalem/Palestina. Ketika Rasulullah sedang sholat dengan menhadap ke Masjidil Aqsha, turun wahyu dari Allah SWT.kepada Rasulullah SAW.untuk memindahkan kiblat kearah Masjidil Haram di Mekkah. Peristiwa itu terjadi pada tahun ke-2 Hijriyah hari Senin bulan Rajab pada waktu dhuhur di Masjid Bani Salamah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + two =