Pahala Amalan Yang Setara Dengan Ibadah Haji

Travel Umroh Bandung Berbagai upaya dilakukan umat muslim untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Mengatakan ada pahala yang setara dengan ibadah haji. Jika anda ingin memiliki pahala yang setara dengan ibadah haji dan anda belum mampu untuk melaksanakannya. Ada cara mudah untuk mendapatkan pahala tersebut. Diantaranya:

1. Menjalankan ibadah shalat fardu di Masjid secara bersamaan/berjamaah.

ibadah shalat fardu di Masjid

Dalam keterangan hadist mengungkapkan:

“Siapa yang berjalan menuju shalat wajib berjama’ah, maka dia seperti berangkat haji. Siapa yang berjalan menuju shalat sunnah, maka dia seperti melaksanakan umrah yang sunnah.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 8: 127. Syaikh Al-Albani dalam Shahih wa Dha’if Al-Jami’ Ash-Shagir, no. 11502 menyatakan bahwa hadits ini hasan).

Dalam hadist lain juga telah mengungkapkannya:

“Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu/bersuci menuju shalat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Barang siapa yang keluar untuk shalat Sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumrah. Dan (melakukan) shalat setelah shalat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih).” (HR. Abu Daud, no. 558; Ahmad, 5: 268. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

2. Yang kedua, dakwah/mengajak dan mempelajari hal-hal baik di Masjid.

daqwah di masjid

Setiap umat muslim sangat wajib sekali untuk mencari ilmu. Karena dengan mendapat ilmu, setiap umat muslim harus mendapat bekal di masa hidupnya orang tersebut di dunia.

Rasullulah SAW bersabda:

“Siapa orang yang berangkat ke masjid dan yang dia inginkan hanyalah untuk belajar kebaikan atau mengajarkan kebaikan, ia akan mendapatkan pahala haji yang sempurna hajinya.” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir, 8: 94. Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 86 menyatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

3. Patuh kepada kedua orang tua.

Patuh kepada kedua orang tua

Sebagai anak tentunya harus patuh/ta’at kepada orang tua. Hal ini juga dapat mendapatkan pahala yang setara dengan ibadah haji. Dan tentunya sebagai anak selain patuh kepada kedua orang tua, juga harus berperilaku dan harus berkata mulia terhadapnya. Dengan berkata “ah” saja terhadapnya, itu sudah mendapatkan dosa.

4. Menjalankan ibadah Umroh di bulan Suci Ramadhan.

ibadah Umroh di bulan Suci Ramadhan

Dengan menjalankan Umroh di bulan Suci Ramadhan merupakan Umroh yang sangat istimewa sekali. Menjalankan Umroh di bulan Suci ini sama halnya dengan berhaji dengan Nabi Rasullulah SAW.

Rasullalah SAW telah bersabda:

“Jika bulan Suci Ramadhan telah tiba. Maka jalankanlah Umroh. Karena Umroh di bulan Ramadhan setara dengan ibadah Haji”.

Namun bukan berarti Umroh sama secara keseluruhan dengan ibadah Haji. Jika seseorang telah memiliki kewajiban untuk berhaji dan dia berumroh di bulan Ramadhan. Maka, Umroh tersebut tidak bisa menggantikan ibadah Haji tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 2 =