Tips Belanja Saat Menjalankan Ibadah Umroh

Travel Umroh Terbaik Umrah merupakan kegiatan ibadah bagi umat muslim, untuk melaksanakan umrah mereka harus jauh-jauh datang ke Mekah dan Madinah sebagai tamu Allah. Selain menjalankan ibadah mereka  juga yang berumrah pasti akan tergoda dengan makana-makanan khas dari kota Mekkah, makanan yang paling banyak dikenal di dunia adalah buah kurma, dan air zam-zam, yang mengandung banyak manfaat.

Biasanya para jamaah setelah melaksanakan sholat berjamaah di masjidil Haram menyempatkan berbelanja untuk cemilan dan untuk oleh-oleh keluarga di kampung halaman, para pedagang di kota mekah ternyata mereka pasih berbahasa indonesi, hal ini terbukti ketika para jamaah asal Indonesia sedang melakukan tranasaksi jual beli dengan seorang pedagang.

Tips Belanja Saat Menjalankan Ibadah Umroh

Di sekitar masjidil Haram dan masjidil Nabawi banyak sekali para peddang yang berjualan, mulai dari para prdagang kaki lima sampai mall besar, yang tepat berlokasi di bawah Tower Royal Clock (jamaah Indonesia biyasa menyebutnya dengan tower zamzam) terdapat pusat belanja yang di namakan “al-baik mall”. Di sana terdapat segala jenis barang mulai dari pakaian, makanan, sampai alat elektronik pun ada, dengan berbagai jeni harga, dan merek.

Khusus untuk makan ternyata di sana juga terdapat msakan – masakan Indonesia yang bisa di temukan di restoran mr sate,warung mpok minah dan lain-lain. Restoran tersebut juga milik orang Indonesia dan para pelayannyapun asli Indonesia, sehingga para jamaah yang rindu akan masakan-masakan dari tanah air bisa berkunjung ke restoran tersebut. Selain dari kuliner tentu masih banyak hal-hal menarik lainya yang dapat kita beli untuk jajanan pada saat umrah atau mukin untuk oleh-oleh orang-orang yang sedang menunggu kita di kampung halaman.

Banyak orang – orang yang bingung untuk membelikan oleh-oleh atau buah tangan dari kota mekah, menyiapkan oleh-oleh untuk keluarga dan tetangga sudah menjadi tradisi musiman yang perlu dipirkan karena tak akan biyasanya tanpa oleh – oleh rasanya kurang lenkap, karna memberi buah tangan untuk membuat orang lain senang juga merupakan salah satu ibadah.

Salah satu barang yang banyak di minati sebagai oleh-oleh adalah mukena. Mukena dipergunakan sebagai alat ibadah. Mukena memang populer sebagai buah tangan dari berhaji tau berumrah. Banyak model mukena dengan berbagai macam bahan yang dijual grosiran di pasar. Mulai dari mukena katun paris bermotif, mukena Dubai spandex, mukena berbahan polyester, mukena katun Jepang, dan parasut.

Banyak masyarakat berpikir bahwa sajadah lebih praktis dan harganya terjangkau dibandingkan mukena. Sajadah memiliki banyak motif dan warna yang indah sebagai pelengkap saat melakukan ibadah salat. Harga sajadah berkisar mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 3.500.000 per kodi. Relatif terjangkau, bukan? Untuk di berikan kepada tetangga dan kerabat di tanah air!

Kopiah atau peci adalah perlengkapan salat pria. Kopiah biasanya dipakai saat salat dan aktifitas sehari-hari untuk menutup bagian kepala dan ujung rambut. Jika, Anda menginginkan kopiah sebagai oleh-oleh, sebaiknya Anda membeli kopiah berbahan benang kait. Selain bahannya yang adem, kopiah benang kait juga bisa disesuaikan dengan ukuran kepala seseorang.

Oleh-oleh berikutnya adalah kacang Arab jenis futsuk yang dibanderol harga Rp 150.000 per kg. Selain rasanya gurih dan manis, kacang ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Kacang Arab bisa dipakai untuk hidangan tamu di rumah sepulang haji. Sedangkan harga kacang almond yang tersedia di toko-toko Arab adalah sekitar Rp 105.000 per 500 gram. Jika kacang almond terlalu mahal menurut para jamaah, bisa di gantikan dengan dengan harga Rp 60.000 per 500 gram.

Kurma merupakan oleh-oleh haji yang wajib ada. Anda bisa membeli kurma sesuai dengan bujet yang ada, karena harga kurma bervariasi, misalnya kurma lulu dengan harga Rp 200.000 per kg. selain harganya yang bervariasi ternyata kurma juga mengandung banyak manfaat seperti menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Demikian tips belanja saat umrah yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =