Sekilas Tentang Sejarah Masjidil Haram di Makkah

Travel Umroh Bandung Sebelumnya kami mau bertanya apakan kalian sudah mengetahui apa itu Masjidil Haram?

Dan jika kalian belum megetahui apa itu Masjidil Haram, kami akan sedikit mengulas tentang Masjidil Haram,dan yang pertama kami akan menjelaskan sedikit tentang sejarah Masjidil Haram.

Sejarah Masjidil Haram tidak lepas dari pembuatan kakbah jauh sebelum Nabi Adam diciptakan. Setelah Nabi Adam dan Hawa diturunkan ke bumi,mereka diperintahkan oleh Allah untuk membangun bangunan di atas lembah yang bernama Bakkah dan saat ini menjadi bagian dari kota Mekkah Al-Mukkarramah.

Sekilas Tentang Sejarah Masjidil Haram Di Makkah

Namun bangunan yang dibangun oleh Adam dan Hawa hancur akibat air bah pada masa Nabi Nuh, dan setelah kejadian itu Allah pun memerintahkan Nabi Ibrahim dan putranya,Nabi Ismai’il untuk membangun sebuah bangunan di tengah kota Mekkah untuk dijadikan sebagi tempat beribadah. Mereka berdua lah yang pertama kali meletakan Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim disekitar Kakbah. Sejak itulah Kakbah dan Masjidil Haram dijaga oleh keturunan Isma’il.

Masjidil Haram adalah Masjid yang berlokasi dipusat kota Mekkah,dan merupakan tempat paling suci bagi umat islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah dengan mengarah ke kiblat,dan masjid ini merupakan masjid terbesar didunia,wah masjid terbesar didunia ya jadi penasaran sebesar apa sih Masjidil Haram itu? Diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah Al-Mukarramah sebagai Masjid terbesar kedua di dunia,dan keduanya merupakan tempat paling suci bagi umat islam.Masjidil Haram ini sebagai salah satu tempat terpenting bagi umat islam karena masjid ini merupakan  tempat melakukan tawaf dan sa’i .

Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Dzar berkata : Saya bertanya kepada Rasulullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam- tentang masjid pertama yang dibangun di muka bumi ?, ia menjawab: “Masjidlil haram”. Saya berkata: Lalu setelah itu?, beliau menjawab: “Masjidil Aqsha”. Saya berkata: Berapa tahun jarak dibangunnya antara kedua masjid tersebut ?, beliau menjawab: “40 tahun”.

Dan inilah keutamaan Masjidil Haram dari masjid-masjid lain yang ada di dunia :

  1. Sejak dahulu Masjidil Haram merupakan tempat tersuci bagi penduduk Hijaz
  2. Menurut hasdist Rasulullah saw,masjid ini merupakan masjid tertua di dunia.Masjid ini sudah ada sebelum masjid Al-Aqsa dibangun.
  3. Dalam sebuah hadis yang masyhur dengan sebutan hadis “Syaddu al-Rihal”, Rasulullah Saw bersabda, “Jangan pergi (untuk shalat) kecuali ke tiga masjid; Masjidil Haram, masjidku ini (Masjid Nabi) dan Masjidil Aqsha,” salah satu yang disebut Rasulullah Saw dalam hadis tersebut adalah Masjidil Haram.
  4. Menurut cerita local,di Masjidil Haram terdapat 70 makan nabi, di antaranya makam Nabi Hud, Nabi Shalih dan Nabi Ismail As.
  5. Didalam aturan khusus agama islam yang harus ditaaiti menyangkut Masjidil Haram dan kota Mekkah. Contohnya, melakukan perang di dalam Masjidil Haram dan al-Haram Mekkah merupakan dosa besar kecuali untuk pertahanan. [8] Ibadah di dalamnya, seperti shalat, memiliki nilai dan keutamaan lebih dibanding jika dilakukan di tempat lain. [

Dan itulah sekilas tentang pembahasan Masjidil Haram dari kami semoga bermanfaat .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − 3 =