Kilas Balik Ibadah Haji

Travel Umroh Bandung Apa sih ibadah haji? Ibadah haji adalah kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya oleh umat manusia yang mampu secara material, fisik, dan keilmuan. Terdapat sebuah syariat yang ditetapkan oleh allah yang datang dari Nabi Ibrahim A.S. Syariat itu diperkuat dengan turunnya ayat al-qur’an surat al- imran ayat 97 yang berbunyi “Dan kewajiban kepada Allah atas manusia untuk berhaji ke Baitullah, untuk mereka yang mampu melaksanakan perjalanan ke sana.

Tetapi barangsiapa yang ingkar terhadap kewajiban haji, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya dari seluruh alam” tahu tidak? Ada kejadian apa pada saat perintah haji diwahyukan allah? Apa ayoo? Jadi begini, pada saat itu makkah sedang dikuasai oleh kaum musrikin yang membeci umat muslim. Dan dalam keadaan itu tidak memungkinkan, bukan? Untuk Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya menunaikan ibadah haji.

Kilas Balik Ibadah Haji

Namun rasullullah memerintah sebagian para sahabatnya bagi yang mampu  untuk pergi terlebih dahulu ke sana. Sebagian sahabat yang tidak terlalu dikenal oleh kaum musyrikin di makkah sana. Dan kapan sih tepatnya rasullulah menunaikan ibadah haji? Tepatnya pada tahun 6 hijriyah atau 628 masehi. Lalu bersama siapakah beliau pergi? Bersama 1500 sahabatnya. Dan mereka memakai pakaian ihram sembari membawa hewan-hewan qurban untuk disembelih. Tetapi perjalan ibadah haji yang pertama kalinya bagi para sahabat rasullulah belum berjalan mulus. Rasull dan para sahabatnya dihadang oleh kaum musyrikin yang telah siap untuk mencegah rasull dan para sahabat nya pergi ke makkah.

Rasullulah geram dan menginginkan terjadinya sebuah peperangan. Para kaum musyrikin berenggup. Dan mereka memilih untuk membuat perjanjian. Seperti apa sih isi perjanjiannya? Silahkan simak ini            :

  1. Tidak akan ada peperangan dalam kurun waktu 10 tahun
  2. Bagi yang ingin mengikuti rasullulah atau kaum quraisy diperbolehkan secara bebas.
  3. Jika seorang pemuda yang mengikuti rasull tanpa izin, ia akan dikembalikan kepada ayahnya. Tapi jika ia mengikuti kaum quraisy maka ia tidak akan dikembalikan
  4. Pada tahun ini rasul akan kembali ke madinah, dan tahun depan beliau dan para sahabat akan kembali ke makkah untuk melakukan tawaf selama tiga hari.
  5. Dan para kaum quraisy akan mundur ke bukit-bukit. Ketika datang ke makkah haruslah tidak bersenjata.

Sangat merugikan sekali yah perjanjian ini. Maka bersyukurlah kalian yang menjadi umat rasull. Banyak kemudahan yang terdapat di dalamnya.  Sungguh rumit sekali yah ibadah yang ingin dilakukan oleh rasull. Jangan disia-siakan yah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 3 =