Umroh adalah Haji Kecil

SimaSaktiUmroh.com | Umroh adalah Haji Kecil – Umroh disebut juga al-hajju l-ashghar (haji kecil), menurut bahasa berarti “berkunjung”, dan menurut istilah syar’i ialah “berkunjung ke Baitullah, untuk melakukan thawaf, sa’i, dan bercukur (tahallul) demi mengharap ridho Allah”.

Semua tata cara yang dilakukan dalam ibadah umroh telah dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasalam dan kita tidak boleh mengubah atau memodifikasi sesuai keinginan kita.

Pengertian Umroh dari Segi Bahasa

Pengertian umroh dalam segi bahasa adalah berkunjung. Artinya, per definisi umroh, dapat juga dikatakan bahwa umroh adalah suatu perbuatan yang dengan sengaja mendatangi tempat yang selalu dikunjungi. Hal tersebut karena umroh boleh dilakukan kapan saja (tanpa terikat oleh waktu seperti ibadah haji yang hanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah setiap satu tahun sekali).

Pengertian Umroh secara Istilah/Syariah

Sedangkan secara syar’i dan terminologi fiqih, pengertian umroh berarti mengunjungi kota Mekkah untuk melakukan ibadah (seperti thawaf dan sa’i) dengan tata cara tertentu. Atau dengan kata lain datang ke Baitullah untuk melakukan ibadah umroh dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Berbeda dengan ibadah haji yang boleh dilakukan hanya sekali, melakukan umroh boleh berulang kali, namun tetap hukumnya wajib hanya satu kali dalam seumur hidup. Bila seseorang mampu dan dapat melakukannya berulang kali hal tersebut diperbolehkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 16 =