BELI OLEH-OLEH DI MAKKAH ATAU DI MADINAH ?

HAJI PLUS LANGSUNG BERANGKAT – Tak lengkap rasanya jika kita pergi umroh tanpa membeli oleh-oleh untuk diberikan kepada keluarga atau tetangga. Kebanyakan orang pasti bingung memikirkan oleh-oleh apa yang akan dibeli. Kali ini Simasakti akan memberikan beberapa tips dan tempat untuk membeli oleh-oleh. Berikut merupakan beberapa tips dan tempat yang akan kami rekomendasikan.

1. Tips membeli oleh-oleh

Untuk Anda yang akan membeli oleh-oleh, alangkah baiknya jika membuat daftar belanjaan terlebih dahulu, baik jenis ataupun jumlahnya. Jika Anda ingin membeli barang yang memiliki volume besar atau beban yang berat seperti membeli buku, Mushaf Al-Quran, kurma dalam jumlah besar, atau karpet yang tidak mungkin untuk dimasukan kedalam koper, maka Anda dapat langsung membeli barang tersebut ketika sampai di Makkah atau Madinah, kemudian langsung kirimkan barang tersebut melalui jasa ekspedisi/kargo, agar barang tersebut bisa diterima lebih awal oleh keluarga Anda.

Akan tetapi barang elektronik yang mudah rusak, perabotan kaca serta makanan seperti coklat lebih baik dibeli menjelang kepulangan kemudian dibawa langsung didalam koper atau tas kabin.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kurma umumnya lebih murah dan berkualitas jika dibeli di Madinah karena penukaran uang lebih terjangkau di Madinah.

2. Tempat membeli oleh-oleh

Berikut Simasakti telah merangkum beberapa tempat untuk membeli oleh-oleh murah di Makkah dan Madinah :

  • Pasar Bab Makkah

Lokasi pasar ini terletak di Suhaifa, di salah satu sudut kota Jeddah Arab Saudi. Pasar Bab Makkah buka setiap pagi dan tutup menjelang shalat Dzuhur. Pasar ini merupakan lokasi favorit untuk memborong oleh-oleh karena selain barang-barang yang dijual lengkap, harganya pun lebih murah jika dibandingkan dengan pasar perbelanjaan lain. Jika Anda menggunakan mobil, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota ke Pasar Bab Mekah.

  • Pasar Kurma Madinah

Jika Anda ingin membeli pakaian atau peralatan elektronik, jangan berbelanja di Madinah karena harga yang di tawarkan cukup mahal. Akan tetapi, jika Anda ingin membeli kurma Madinahlah tempat yang tepat, karena dipasar ini terdapat beberapa jenis kurma yang harganya bervariasi, mulai dari 30 rial sampai 90 rial. Selain kurma, Anda juga bisa menemukan biskuit-biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma. Pasar ini terletak disebelah selatan Masjid Nabawi jaraknya  sekitar 60 meter. Dibuka pada pukul 7 hingga pukul 11 Malam.

  • Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah atau pasar borong karena para pembeli umumnya banyak yang berbelanja dengan memborong barang-barang sebagai oleh-oleh. Pasar ini terletak sekitar 1 km dari Masjidil Haram, Makkah. Berbagai keperluan ibadah, termasuk perhiasan emas, jam tangan, dan barang-barang elektronik di jual di pasar ini. Umumnya, para pedagang di tempat ini menggunakan bahasa Indonesia walaupun dengan logat Arab. Ketika waktu shalat, pasar ini di tutup dan digelar karpet di lorong-lorong jalan pasar tersebut.

  • Pusat Perbelanjaan Bin Dawood

Pusat perbelanjaan ini terletak di daerah Aziziyah, Misfalah, Sulaymaniyah dan Ajyad. Ditempat ini Anda bisa mendapatkan diskon jika membeli barang dalam jumlah besar. Harga baju di pasar ini lebih murah jika dibandingkan dengan harga baju di toko-toko yang berada di sekitar Masjidil Haram.

  • Balad

Pusat perbelanjaan ini memiliki kelas tinggi yang menawarkan produk terbaru dengan merk ternama dari Milan dan Paris. Di pasar ini terdapat pedagang tradisional yang menjual berbagai souvenir dengan harga yang relatif murah. Pasar ini banyak dikunjungi oleh jemaah haji untuk membeli buah tangan, seperti karpet, abaya, aneka merek minyak wangi, tasbih, sejadah, jam tangan, aneka produk kulit, kerudung, pasmina hingga cela mata dan hena bisa dibeli di pasar ini. Sebagian besar barang yang dijual di pasar ini di impor dari negara lain seperti India, Pakistan, Bangladesh, dan Cina.

  • Haraj Al-Sawarikh

Kawasan Haraj Al-Sawarikh juga termasuk kedalam pusat belanja murah. Di pasar ini menjual aneka barang baru dan bekas, seperti karpet, lampu kristal, barang pecah belah, kosmetik, barang elektronik dan produk souvernir.

  • Tahlia Street

Terdapat berbagai produk-produk fashion ternama di dunia seperti Prada, Gucci dan Giorgoi Armani yang di jual di pusat perbelanjaan ini. Harganya tentu ratusan hingga ribuan rial per item. Tahlia Street adalah salah satu pusat perbelanjaan modern di Arab Saudi yang letaknya di tengah kota Jeddah.

Itulah beberapa tips dan tempat membeli oleh-oleh yang telah Simasakti rangkum, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =