Tempat Wisata Menarik Kairo dan Hal yang dapat Dilakukan Selama Disana

Tempat Wisata Kairo-Mesir

Fakta Tentang Kairo

Kairo atau dalam Bahasa Arabnya : (القاهرة) al-Qāhirah, adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Mesir dan salah satu kota metropolitan terbesar di Afrika, terbesar di Timur Tengah, dan Uni Emirat Arab serta kota ke 15 terbesar di dunia yang erat kaitannya dengan Mesir kuno, karena kompleks piramida Giza yang terkenal dan kota kuno Memphis terletak di wilayah geografisnya. Kairo sudah lama menjadi pusat peradaban kota, politik dan budaya. Kairo dijuluki sebagai “KOTA SERIBU MENARA” yang dimana sebagian besar arsitektur bangunannya dipengaruhi oleh peradaban Islam.

November adalah salah satu bulan terbaik untuk menjelajahi kota seribu menara ini. Tempat menarik untuk dikunjungi bila kita berwisata ke Kairo tentunya adalah Wisata ke Piramida dan Spinx, Papyrus Institute, Masjid Al-Azhar, pusat oleh-oleh maupun perbelanjaan di Al Khan Khalili, Menjelajah kota Alexandria, dan Laut Mediterania. Click juga artikel tentang Tempat Wisata Menarik di Alexandria-Mesir.

Penasaran semenarik apakah detail dari tempat-tempat indah tersebut? Berikut SimaSakti akan membahas beberapa tempat yang sudah menjadi ikon wisata Kairo, Mesir.

Hal Apa saja yang dapat dilakukan selama berada dibeberapa tempat wisata di Kairo?

  1. Piramida dan Sphinx, KAIRO-MESIR

Ketika mengunjungi Kairo, kita bisa mengunjungi piramida Giza dan juga Sphinx. Sphinx terletak di area Piramida Giza. Sphinx merupakan patung singa berkepala manusia ukurannya lebih kecil dari Piramida. Biasanya pengunjung berfoto-foto dari bis di samping Sphinx atau jika beruntung, bisa turun di bagian depan Sphinx karena Sphinx dijaga oleh polisi.  Sphinx ini ukurannya kecil jika dibandingkan dengan piramida-piramida yang menjadi latar belakangnya. Sudah ada platform dimana kita bisa mengaguminya tanpa harus turun kebawah untuk berfoto bersebelahan dengan Sphinx. Jangan lupa untuk melihat angle dalam mengambil foto agar bisa mendapatkan latar belakang piramidanya.

  1. Papyrus Institut

Hal apa saja yang didapat saat mengunjungi Papyrus Institut? Didalam tempat tersebut, kita dapat mengenal peninggalan kuno yang menarik yang menyuguhkan lukisan-lukisan diatas kertas papyrus yang indah khas budaya mesir. Yang menarik lainnya, kita menyaksikan bagaimana cara dan proses membuat kertas papyrus. Lukisan-lukisan yang dipajang pun dapat kita beli.

  1. Masjid Al-Azhar

Masjid Al-Azhar (masjid yang gemilang) adalah sebuah masjid yang dibangun oleh Panglima Jauhar Assiqilli di Kairo antara tahun 359-361 Hijriyah atau 970-972 Masehi atas perintah khalifah Muiz Lidinillah, dari Daulat Fatimiah. Masjid ini adalah masjid Islam yang paling terkenal sekaligus masjid kampus terbesar. Masjid ini dinamakan Al-Azhar sebagai isyarat kepada Zahra, julukan Fatimah az-Zahra, putri Rasulullah S.A.W. Masjid ini berfungsi sebagai universitas dan pada tahun 1961 berubah menjadi universitas modern yang memiliki beberapa fakultas. Al-Azhar dianggap sebagai poros pemikiran Islam, politik dan ilmu-ilmu agama di Mesir dan dunia Islam. Mesjid ini memiliki lima menara dengan bermacam-macam tipe dan tiga mimbar. Di dalamnya terdapat perpustakaan yang sangat besar.

  1. Jangan lupa menawar bila kita berbelanja oleh-oleh di Khan Al Khalili!

Khan Khalili adalah pusatnya tempat oleh-oleh apabila kita berwisata ke Kairo. Pasar ini merupakan pusatnya pasar seni Kairo. Begitu masuk komplek pasar, disebelah kiri kanan disuguhi pemandangan warna-warni dari berbagai barang dagangan khas mesir, disinilah pusat oleh-oleh mesir dari mulai magnet-magnet aksesories perhiasan batu-batu, perak, pakaian bernama galabia khas mesir, oranamen, lampu, dompet dan tas dengan motiv yang khas. Harga barang-barang tersebut sangat terjangkau dan bisa ditawar selayaknya kita berbelanja dipasar.

Bagaimana? Menarik bukan? Bila anda berminat untuk berwisata menikmati indahnya Kairo dalam waktu dekat ini, yuk Daftarkan segera bersama SimaSakti Umroh Plus KAIRO!!! Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − eight =