Bunga Tulip Bukanlah dari Belanda, Yuk Ketahui darimana Asal Negara Bunga Tulip?

Tahukah jamaah, Emirgan Park merupakan tempat wisata yang memiliki 120 spesies Bunga Tulip. Bunga Tulip selalu diidentikan dengan Belanda. Bahkan telah menjadi ikon penting dari negeri kincir angin tersebut. Padahal sesungguhnya Bunga tulip berasal dari Turki. Bunga Tulip merupakan bunga nasional Turki. Motif-motif bunga tulip sudah sejak lama dipakai dalam seni ornamen Turki dan Persia. Yang pertama kali menanam Bunga Tulip ini adalah Turki di kebun Sultan Mehmed II yang berkuasa pada tahun 1451-1481.-Baca tempat wisata menarik di Turki.

Awalnya Bunga Tulip merupakan bunga liar di daratan Asia Tengah, tumbuh liar dikawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan dan mulai di budidayakan oleh orang-orang Turki pada tahun 1.000 Masehi.

Turban, asal mula nama Tulip

Kata Tulip berasal dari bahasa Turki  “Turban”. Karena bentuk bunga ini menyerupai turban (penutup kepala) yang kerap digunakan pria Turki.

Meskipun banyak orang yang mengira bahwa bunga tulip berasal dari Belanda, namun kota Istanbul mampu menghadirkan pesona tulip yang lebih menawan melalui event tahunan yaitu Istanbul Tulip Festival (Festival Bunga Tulip Istanbul Turki). Festival ini di adakan setiap bulan April di Kota Metropolitan Istanbul. Tulip mulai berbunga pada awal April dan berlangsung sepanjang bulan hingga awal Mei. Dalam festival ini telah tertanam hampir 100 juta tulip untuk melambangkan datangnya musim semi. Bunga Tulip dapat ditemui di taman Istanbul, di bundaran, di sepanjang jalan dan ditempat terbuka lainnya di Kota Istanbul. Bermiliar bunga tulip memenuhi bukit yang ditata dengan desain yang sangat menarik, seperti sungai beserta angsa, bentuk binatang, dan air mengalir. Dan hasilnya pun sungguh luar biasa.

Festival Bunga Tulip ini diadakan dibeberapa taman salah satunya adalah Emirgan Park, karena ditaman Emirgan Park memiliki pemandangan terbaik untuk menikmati pesona Bunga Tulip. Distrik Emirgan terletak di sepanjang pantai di Bosphorus, bagian Turki di Benua Eropa, sangat terkenal dan paling banyak dikunjungi baik oleh penduduk lokal maupun turis mancanegara.

Sekian artikel mengenai darimana asal Bunga Tulip. Sekarang tidak akan salah lagi kan bila ada yang bertanya Bunga Tulip berasal dari Negara mana? Bila anda ingin berwisata ke Turki yuk Klik Artikel mengenai perjalanan Umroh Plus Turki.Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 5 =