Adab dan Tata Cara Meminum Air Zam Zam

Travel Umroh Bekasi Air zam-zam merupakan salah satu karunia dan Rahmat yang di berikan Allah SWT di tanah suci makkah. Air zam zam ini tidak hanya di nikmati oleh umat islam yang berada di sekitar makkah akan tetapi juga telah di nikmati bahkan di bawa ke beberapa negara, sebagai mana namanya zam-zam(melimpah) air ini tidak akan pernah habis walaupun sudah di minum ribuan bahkan jutaan orang air ini masih tetah berlimpah atas kekuasaan Allah.

Usai melakukan thawaf dan salat dua rakaat di belakang makan Ibrahim a.s, jemaah haji atau umroh di sunahkan untuk meminum air zam-zam. Dan ketika hendak meminum air zam-zam tersebut ada adab dan tata cara nya tersendiri, berikut adalah adab dan tata cara meminum air zam-zam.

Adab dan Tata Cara Meminum Air Zam Zam

DIAWALI DENGAN MEMBACA BASMALAH KETIKA HENDAK MEMINUM, di dalam ajaran agama islam segala sesuatu yang akan dilakukan, hendaklah diawali mengucap bacaan basmalah dan di ahiri dengan hamdalah, dengan itu maka insaalah segala sesuatu yang kita perbuat akan terasa mudah atas seizin Allah swt, serta disunahkan untuk menghadap ke kiblat sebagai mana yang telah dianjurkan rasulullah saw.

GUNAKAN TANGAN KANAN KETIKA HENDAK MEMINUM AIR ZAM ZAM, Rosulullah saw mengajarkan umatnya untuk senantiasa menggunakan tangan kanan ketika hendak makan dan minum, jika kita menggunakan tangan kiri ketika hendak makan dan minum, itu artinya kita sama saja meniru kebiasaan setan.

HINDARI MEMINUM AIR ZAM-ZAM DENGAN SEKALI TEGUK HINGGA HABIS, adab dan tata cara meminum air zam-zam selanjutnya adalah tidak minum dengan dengan sekali tegukan hingga habis, minumlah dengan tanaffus (bernafas) sebanyak tiga kali, yang dimaksud bernafas tiga kali adalah bernafas tiga kali di luar wadah air minum dengan menjauhkan wadah tersebut dari mulut terlebih dahulu karena bernafas di dalam wadah air minum adalah suatu perbuatan yang di larang.

MINUMLAH SAMPAI TERASA KENYANG, Rasululah saw bersabda “sesungguuhnya tanda yang membedakan antara kita dan orang orang munafik adalah mereka tidak pernah meminum air zam-zam hingga kenyang.” (H.R IBNU MAJAH)

MINUM AIR ZAM-ZAM DENGAN POSISI DUDUK, di dalam hadis di jelaskan bahwa minum sambil berdiri itu di larang.Rasullulah saw bersabda “janganlah kalian minum sambil berdiri,barang siapa yang lupa ketika minum hendak berdiri maka hendaklah ia berusaha memuntahkannya.”

USAI SUDAH MEMINUM AIR ZAM-ZAM HENDAKLAH MENGUCAPKAN HAMDALAH, ucapan hamdalah adalah rasa bersyukur kita terhadap sang pencipta, Allah swt lah yang telah menurunkan nikmat nya pada kita semua.

MEMPERBANYAK DOA KETIKA MEMINUM AIRT ZAM-ZAM, begitiu banyak keberkahan yang terkandung dalam air zam-zam salah satunya adalah dikabulkannya sebuah doa melalui keberkahan air zam-zam.

Sekian pembahasan mengenai adab dan tata cara meminum air zam-zam semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =