MASJID RAYA SULAIMAN

Masjid Raya Sulaiman atau dalam bahasa Turki Raya Sulaimaniah Camii adalah masjid terbesar kedua di Istanbul. Masjid ini terletak disebuah dataran tinggi di belakang Universitas Istanbul yang merupakan peninggalan abadi Islam di Turki. Lokasi yang tinggi membuat masjid ini menjadi salah satu pemandangan yang paling terkenal, dan menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Istanbul.

Masjid Raya Sulaiman merupakan salah satu bangunan peninggalan kekaisaran Turki Utsmani, yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Sulaiman al-Qanuni (Suleyman The Magnificent). Atas perintahnya, ditunjuklah Mimar Sinan sebagai Arsitek dari masjid ini. Mimar Sinar merupakan arsitektur terkemuka di Turki. Dan salah satu karya terbesarnya adalah Masjid Raya Sulaiman. Pembangunan Masjid Raya Sulaiman memakan waktu hampir delapan tahun. Pekerjaan konstruksinya dimulai pada 1550 dan baru selesai pada 1558.

Masjid yang kini menjadi salah satu objek wisata dunia ini menampilkan pertautan simbolis antara kemegahan masjid sebagai lambang seorang sultan yang memiliki kekuasaan besar dan keagungan masjid sebagai sarana keagamaan. Kesan tersebut terlihat dari bangunan menara yang dibuat langsing dan tinggi, seolah-olah muncul dari lengkungan kubah dan melesat tinggi.

Dari segi arsitekturnya, bangunan Masjid Raya Sulaiman menunjukkan perpaduan antara unsur-unsur arsitektur Islam dan Bizantium. Melihat bentuk dari menara yang langsing dan tinggi menjulang, kubah yang megah dan besar, serta bentuk setengah kubah mirip dengan arsitektur Hagia Sophia, peninggalan Bizantium. Referensi lain yang digunakan oleh Sultan Sulaiman untuk membangun Masjid Raya Sulaiman ini sengaja membangun masjid ini dengan megah karena terdorong untuk melampaui Hagia Sophia yang dibangun di masa kekuasaan Kaisar Konstantin.

Hampir di setiap dinding pada bangunan ini dilapisi marmer. Dan marmer yang digunakan untuk membangun masjid ini berasal dari kawasan Marmarah, Semenanjung Arab, dan Yaman. Pada keempat menara Masjid Sulaiman ini dilapisi oleh Marmer yang bernilai seni tinggi dan mahal. Selain keindahannya pada marmer yang digunakan. Masjid ini juga diperindah dengan hiasan kaligrafi yang merupakan hasil karya Ahmad Qurah dan Hasan Syalabi, dua kaligrafer terkenal pada masa Turki Utsmani.

Pada kubah utama Masjid Raya Sulaiman memiliki tinggi 53 meter dan berdiameter 27,5 meter. Saat pertama kali dibangun tinggi kubah masjid ini adalah yang tertinggi kedua setelah Hagia Sophia yang menjadi bangunan dengan kubah tertinggi dibandingkan dengan masjid-masjid lain di wilayah Turki Utsmani pada saat itu.

Sebagaiamana masjid-masjid lain di Istanbul, sejak awal berdirinya Masjid Raya Sulaiman juga dirancang sebagai kompleks yang terdiri dari bangunan-bangunan keagamaan dan kegiatan sosial. Seperti pada kompleks Masjid al-Fatih. Pada bagian belakang masjid terdapat beberapa makam keluarga kerajaan, di antaranya makam Sultan Sulaiman I, Roxelana (istrinya), Mihrimah (putrinya), Dilasub Saliha (ibunya), dan Aisye (ibunya). Selain itu juga terdapat makam Sultan Sulaiman II, Ahmad II, dan Safiye (putri Sultan Mustafa I). Dan diluar tembok masjid, di sebelah utara, yaitu Mimar Sinan.

Sepanjang sejarah, upaya perenovasian dan perbaikan pada bangunan masjid ini, telah dilakukan beberapa kali. Perbaikan pertama dilakukan pada tahun 1660 oleh sultan Muhammad IV, kerusakan terjadi akibat sebagian besar masjid ini dilahap api. Pada tahun 1766, Masjid Raya Sulaiman kembali mengalami kerusakan yang cukup parah akibat guncangan dahsyat yang menimpa Istanbul. Dan kerusakan terparah adalah runtuhnya kubah asli yang berwarna biru. Sehingga masjid ini melakukan perenovasian total bangunan, dan mengubah warna kubah menjadi dominan warna merah.

Renovasi dalam skala besar juga pernah dilakukan pada tahun 1847- 1849 dan di akhir tahun 1950an. Adapun renovasi terbaru dilakukan pada tahun 2007. Namun pada dasarnya penyebutan renovasi kurang tepat. Yang lebih tepat adalah melakukan restorasi. Karena tujuan utamanya bukan memperbaiki semata, melainkan juga mengembalikan kondisi masjid seperti kondisi semula. Restorasi ini selasai pada akhir 2010, yang ditandai dengan penggunaan masjid kebanggan rakyat Turki ini sebagai tempat pelaksanaan Shalat Idul Adha.

Sekian artikel mengenai Kemegahan Mesjid Raya Sulaiman, semoga bermanfaat.

Kemegahan Istana Topkapi

Dinasti Utsmaniyah atau Ottoman Turki dikenal sebagai penguasa Islam yang paling berjaya di dunia. Sempat menguasai Eropa selama ratusan tahun, peninggalan dinasti Utsmaniyah masih bisa dilihat hingga kini dan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis.

Salah satu di antaranya adalah istana Topkapi yang merupakan tempat tinggal Sultan Turki selama 400 tahun. Berada di kota Istanbul dan menjadi bagian dari kawasan bersejarah Istanbul, istana Topkapi dibangun pada awal abad ke-15 setelah sultan Mehmet II berhasil menguasai Konstantinopel, ibukota kekaisaran Byzantium atau Romawi timur (yang kini bernama Istanbul). Istana Topkapi bersama dengan bangunan lainnya di kawasan bersejarah Istanbul tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1985.

Berbeda dengan istana di negara Eropa lainnya yang terdiri dari kastil yang tinggi dan dikelilingi halaman atau taman, istana Topkapi terdiri dari banyak bangunan yang tersebar di bukit dan menghadap langsung ke teluk Golden Horn dan selat Bosphorus.

Istana – istana ini menjadi tempat tinggal sultan dan para istri, para selir, para pejabat kerajaan dan para pegawai kerajaan. Istana bergaya arsitektur Ottoman dan baroque ini terdiri dari 5 komplek istana, menara, dapur, sekolah, masjid juga harem atau tempat tinggal para wanita kerajaan.

Istana pertama merupakan istana para tentara. Di sini terdapat gereja Byzantium Aya Irini yang difungsikan sebagai gudang. Istana kedua merupakan tempat sultan Turki memerintah kerajaannya. Disini terdapat banyak paviliun, taman, barak dan dapur.

Dapur istananya sendiri sangat besar dan megah karena pada waktu itu mempekerjakan 800 pegawai untuk memenuhi kebutuhan makan 4.000 orang di kompleks istana. Di dalam dapur istana Topkapi juga disimpan puluhan ribu koleksi keramik dari China, yang terkenal bisa berubah warna bila terkena racun.

Di bawah Tower of Justice di komplek istana kedua merupakan lokasi Harem atau tempat tinggal para selir sultan. Harem yang secara harfiah berarti terlarang, ditinggali oleh 4 istri sultan beserta 300 selirnya. Istana ini dijaga oleh para pelayan kasim.

Sekian artikel mengenai Kemegahan Istana Tokapi, bila anda berminat untuk berwisata islami dan mengunjungi istana Topkapi anda bisa mengikuti Paket Umroh Plus Turki bersama SimaSakti. semoga bermanfaat.

Benteng Solahuddin Al Ayubi

Benteng yang didirikan oleh Sultan Solahuddin Al Ayubi pada tahun 1178 merupakan benteng pertahanan terbesar pada masa itu. Sultan Al Ayubi mendirikan benteng ini dengan tujuan untuk membendung dan melindungi kota Kairo dari serangan luar, khususnya dimasa perang Salib.

Lokasi Benteng Solahuddin Kairo terletak di kawasan Jabbal Muqattam. Lokasi ini merupakan kawasan perbukitan paling tinggi yang terletak di kota Kairo. Posisi yang sangat strategis untuk mengontrol kawasan-kawasan penting dari serangan muslim membuat Shalahuddin memilih Jabal Muqattam sebagai lokasi bentengnya.

Untuk memasuki Benteng Shalahuddin Kairo, sahabat wisata muslim harus memarkirkan kendaraan pribadinya agak jauh di bawah bukit. Tidak ada kendaraan untuk naik kecuali berjalan kaki. Namun, jarak ratusan meter yang ditempuh tidak menjadi masalah karena tergantikan oleh keindahan benteng yang dapat mengobati rasa lelah.

Untuk memasuki benteng salahuddin terdapat 3 pintu gerbang yang bisa dimasuki, yaitu dari arah barat, utara dan selatan. Pintu yang diaktifkan saat ini adalah pintu selatan yang halamannya sangat luas.

Benteng tersebut memiliki gerbang yang megah dengan menara kokoh menjulang ke langit. Tinggi bentengnya sekitar 10 meter dengan ketebalan 3 meter. Menara benteng tersebut dibangun dengan jarak sekitar seratus meter, sebagai konsentrasi pertahanan terhadap serangan musuh. Di menara ini terdapat banyak lubang-lubang jendela yang dapat digunakan oleh pasukan pemanah, dan dibagian atasnya berupa dek terbuka yang digunakan untuk menempatkan meriam.

Pertahanan benteng ini dibuat tiga lapis. Lapisan pertama untuk pertahanan jarak jauh menggunakan panah dan meriam lewat menara yang berada disekeliling benteng. Jika berhasil melewati lapisan pertama maka musuh akan di hadapkan dengan lapisan kedua. Lapisan kedua berupa ruang terbuka di dalam tembok benteng yang dikelilingi tembok tinggi. Sehingga pasukan musuh akan menjadi sasaran empuk pasukan pemanah. Lapisan ketiga berupa lorong bercabang sepanjang 2.100 meter. Disini pasukan musuh akan dibantai satu persatu.

Selain megah, udara di sekitar benteng Shalahuddin ini sangat segar. Jika disiang hari sahabat muslim dapat melihat keindahan benteng yang sangat menarik maka dimalam hari benteng tersebut juga tidak kalah menarik. Karena dimalam hari sahabat muslim dapat menyaksikan kelap-kelip kota Kairo sambil menikmati secangkir teh atau kopi.

Menarik bukan? Nah, untuk sahabat wisata muslim yang ini mengunjungi Benteng Shalahuddin Kairo dapat mengikuti paket wisata muslim Umroh plus Destinasi Wisata Kairo yang diselenggarakan oleh Simasakti travel.

PUSAT KOTA MODERN TAKSIM SQUARE

UMROH PLUS TURKI-Wisata ke Truki tak lengkap rasanya jika belum melewati pusat kota modern dari Istanbul Turki. Taksim Square sekarang ini merupakan pusat kota modern paling terkenal di Istanbul. Di Taksim Square berdiri hotel dan restoran dekat dengan alun-alun atau berdekatan dengan Jalan Istiklal, untuk akses transportasi terdapat terminal bus lokal sebagai transportasi umum dan stasiun kereta bawah tanah. Jika berjalan kaki di sepanjang İstiklâl kita akan menjumpai bar, klub malam dan bioskop. Karena itu disini terlihat selalu ramai dengan anak muda hampir selama 24 jam sehari. Taksim Square juga merupakan tempat pertemuan untuk merayakan malam tahun baru, parade, konser dan pertunjukan lainnya.

Saat mengunjungi Taksim Square terdapat monumen yang paling terkenal di Taksim Square adalah Monumen Kemerdekaan (Istiklal Aniti dalam bahasa Turki), berdiri megah di jalan İstiklâl. Monumen tersebut dibuat oleh pematung Italia bernama Pietro Canonica dan dibuka pada tahun 1928, ini menggambarkan Atatürk, pendiri Republik, sebagai panglima militer dan seorang negarawan. Sejak dibuka, monumen tersebut menjadi tempat utama upacara resmi di Istanbul.

Di bagian selatannya menghadap ke Jalan Siraselviler, ada Atatürk, Ismet Inönü dan Fevzi Çakmak di depan dan tokoh lainnya di belakang mereka, termasuk dua jenderal Rusia. Di fasad utara menghadap ke Jalan Cumhuriyet, Perang Kemerdekaan disimbolkan. Di fasad timur dan barat, Angkatan Darat Turki disimbolkan dengan seorang tentara yang memegang Bendera Turki.

Di seberang monumen ini di sisi lain Taksim Square, ada sebuah bangunan besar yang merupakan Pusat Kebudayaan Atatürk. Pada tahun-tahun awal Republik, sebuah gedung opera mulai dibangun yang selesai setelah masa konstruksi yang panjang 13 tahun. Dibuka dengan nama Istana Budaya Istanbul pada tahun 1969 namun mengalami kerusakan besar karena kebakaran pada tahun 1970. Itu direnovasi dan diberi nama Atatürk Cultural Center pada tahun 1978, yang dikenal sebagai AKM. Beberapa konser nasional, internasional, opera, pertemuan, pameran, dan premiers diadakan di AKM, terutama pertunjukan Teater Negara Istimewa, Opera dan Balet Negara, Orkestra Simfoni Negara, Musik Klasik Tradisional Korea, dan Festival Istimewa Istimewa Istanbul menarik banyak penonton. Saat ini rennovated lagi ditutup sejak 2008.

Selama periode Ottoman akhir Sultan Mahmut, saya mengatur Taksim sebagai titik dimana jalur air utama dari utara Istanbul dikumpulkan dan bercabang ke distrik lain di kota tersebut. Oleh karena itu, Square mengambil namanya dari reservoir batu besar yang terletak di sisi barat alun-alun; “taksim” berarti “distribusi” dalam bahasa Turki.

Sekian artikel mengenai Taksim Square di Istanbul Turki, semoga bermanfaat.

Khasiat Air Zamzam

UMROH REGULER – Bagi umat muslim air zam-zam pasti sudah tidak asing lagi. Setiap umat muslim yang pulang dari umroh atau haji selalu membawa air Zamzam. Air Zamzam merupakan air terbaik di muka bumi ini, Rasulullah SAW bersabda “Sebaik-baiknya air yang ada di muka bumi ini adalah air Zamzam. Pada air Zamzam terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Kata Zamzam dalam bahasa arab berarti banyak atau melimpah. Sesuai dengan artinya air Zamzam merupan air yang berasal dari sumur yang airnya sangat banyak dan berlimpah. Air didalam sumur tersebut tidak habis walau sudah diambil dan dibawa setiap harinya ke seluruh penjuru dunia oleh kaum Muslimin.

Air Zamzam memiliki khasiat yang sangat bagus untuk tubuh. Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan mengenai Khasiat Air Zamzam. Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah SAW menyebut air zam-zam,

Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.”

Ditambahkan dalam riwayat Abu Daud (Ath Thoyalisiy) dengan sanad jayyid (bagus) bahwa Rasulullah SAW mengatakan,

Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).

Hadits diatas merupakan hadits yang menunjukan Khasiat Air Zamzam. Air Zamzam adalah air yang penuh keberkahan. Selain itu, air Zamzam bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan menjadi obat penyakit.

Meminum air Zamzam termasuk kedalam sunah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW karena, didalam air Zamzam terdapat keberkahan. Air Zamzam dapat menjadi makanan yang baik dan makanan yang diberkahi. Air Zamzam disyari’atkan untuk dinikmati jika memang mudah didapatkan seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.  Air Zamzam juga dapat digunakan untuk berwudhu, beristinja’ (membersihkan kotoran setelah buang air) serta dapat digunakan untuk berjunub jika memang ada kebutuhan untuk menggunakannya.

Dapat disimpulkan bahwa air Zamzam adalah air yang suci dan dapat mensucikan. Setiap umat muslim dianjurkan untuk meminum air Zamzam. Selain utuk diminum, air Zamzam juga dapat digunakan untuk berwudhu, mencuci pakaian dan beristinja jika ada kebutuhan dan digunakan untuk hal-hal sebagaimana yang telah di jelaskan.

Sahabat muslim, sekian Artikel mengenai Khasiat Air Zamzam. Semoga bermanfaat.

Fakta Unik Masjid Nabawi

UMROH REGULER-Masjid Nabawi merupakan salah satu  masjid terpenting yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar ke-2 di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah.

Saat ini, Masjid Nabawi tengah mengalami perluasan. Karena semakin banyak umat islam yang datang setiap tahunnya. Berbagai fasilitas juga diperbaiki sehingga membuat nyaman umat islam untuk beribadah. Namun ada beberapa fakta menarik tentang Masjid Nabawi yang belum diketahui oleh umat islam. Oleh karena itu, simasakti akan membahas tentang Fakta Unik Masjid Nabawi berikut penjelasannya :

  1. Tempat Pertama yang Dialiri Listrik di Jazirah Arab

Ketika Dinasti Utsmani memperkenalkan listrik ke Semenanjung Arab, tempat pertama yang diprioritaskan adalah Masjid Nabawi. Saat itu bahkan Istana Sultan Ottoman di Istanbul belum dialiri listrik.

  1. Masjid Nabawi Merupakan Salah Satu Masjid Terbesar di Dunia

Masjid Nabawi merupakan tempat ibadah yang ukurannya diperluas 100 kali dari ukuran semula sehingga wilayahnya kini mencakup hampir seluruh wilayah kota tua Madinah. Buktinya, area masjid kini berbatasan langsung dengan makam Baqi, yang dulu berada di luar wilayah Kota Madinah.

  1. Terdapat Liang Lahat Kosong Dekat Makam Rasulullah

Nabi Muhammad SAW dimakamkan di Masjid Nabawi, dan di sebelahnya pula dikebumikan Abu Bakar Siddiq dan Umar bin Khattab. Makam mereka persis di sebelah raudhah. Faktanya, terdapat satu liang lahat lagi yang kosong. Lokasinya dekat makam Nabi SAW.

  1. Hancur oleh Api

Masjid Nabawi pernah dilanda kebakaran besar sehingga atap mimbar hingga dinding ruangan Makam Nabi Muhammad SAW habis terbakar.

  1. Sekarang Terdapat Dua Kubah

Nabi Muhammad SAW wafat sudah lebih dari 650 tahun, namun tidak ada kubah di atas kuburnya. Kemudian, Sultan Mamluk membangun kubah yang terbuat dari kayu pertama kali pada tahun 1279.

Di sisi lain nampak Kubah Hijau yang sekarang merupakan kubah luar di atas ruang Nabi Muhammad SAW dan didapati jauh lebih kecil.

  1. Dahulu Kubah Warna Ungu, Sekarang Biru Ungu

Sekitar 150 tahun yang lalu, kubah yang terdapat di Masjid Nabawi memiliki warna ungu dan sekarang biru ungu. Perubahan ini dikarenakan beberapa orang Arab Hijaz sangat menyukai warna biru ungu.

Sekian artikel mengenai Fakta Unik Masjid Nabawi, semoga bermanfaat.

Mengenal Batu Hajar Aswad

Haji Plus-Assalamualaikum sahabat muslim semua. Kali ini SimaSakti akan membahas sebuah batu. Batu yang telah lama dikenal ratusan abad oleh umat muslim. Yang pernah berangkat ke tanah suci Mekkah pasti telah mengetahui kemahsyuran batu ini, bukan?

Batu Hajar Aswad

Nama Hajar Aswad sendiri jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah batu hitam. Hajar Aswad diletakkan disudut timur ka’bah. Tingginya sekitar 150 cm, berada di atas tanah. Batu Hajar Aswad mempunyai lingkaran sekitar 30 cm dan garis tengah sekitar 30 cm, lebih besar dari lingkaran wajah manusia.

Batu Hajar Aswad berasal dari surga. Dulunya, batu tersebut berwarna putih dan terang benderang, namun karena sering dipegangi oleh orang yang berdosa batu tersebut lama-kelamaan menjadi hitam legam seperti saat ini.

Rasulullah SAW bersabda:

“Hajar Aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih dari susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam ” (HR.Tirmizi no.877, shahih menurut syaikh Al Albani).

Batu Hajar Aswad digunakan sebagai penanda bagi umat manusia untuk berkumpul dan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ka’bah. Setelah Nabi Ibrahim mendapatkan batu tersebut, beliau menciumnya diikuti oleh anak Ismail. Jadi tidak heran bagi umat muslim jika ingin mencium batu Hajar Aswad.

Banyak fakta yang terjadi dengan batu Hajar Aswad, salah satunya yang paling fenomenal adalah Zero Magnetism Area yaitu daerah yang dipercaya jika menggunakan kompas pada daerah tersebut, maka kompas tidak akan berfungsi sama sekali karena daya tarik yang kuat antara 2 kutub. Area ini terletak ditengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan.

Batu Hajar Aswad juga memiliki fakta unik yang sangat istimewa bagi umat muslim yaitu:

  1. Batu Hajar Aswad memiliki aroma yang harum

Hal tersebut bukan sekedar omongan kosong belaka, walaupun sudah dicium oleh miliyaran manusia, tetapi batu Hajar Aswad sampai saat ini  masih memiliki harum yang sama seperti semula.

  1. Batu Aswad terpecah

Batu Hajar Aswad yang semula berdiameter kisaran 30 cm terpecah menjadi beberapa bagian, hal ini dikarenakan peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Hingga pada akhirnya batu Hajar Aswad dapat disatukan kembali dan dibingkai dengan perak untuk dikembalikan ketempatnya semula.

  1. Mencium Batu Hajar Aswad sunnah bagi umat muslim

Seperti penjelasan yang di atas, sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pasa saat setiap kali melakukan tawaf selalu mencium batu Hajar Aswad saat sedang melaksanakan ibadah haji.

Sekian artikel meengenai Batu Hajar Aswad, semoga bermanfaat.

Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami)

Umroh Plus Turki-Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami) – Bursa adalah salah satu kota tua di Turki yang memiliki peranan teramat penting bagi sejarah Turki, sekaligus juga merupakan kota terbesar ke-4 setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir. Bursa adalah kota tempat Turki Usmani atau Dinasti / Emperium / Kekaisaran / Ke-Khalifahan Usmaniyah berawal. Di Kota Bursa ini juga, menjadi tempat peristirahatan terakhir pendiri Emperium Usmaniyah, Osman dan putra Orhan Gazi.

Lokasi Bursa yang cukup dekat dengan Konstantinopel (kini Istanbul), telah menjadi pilihan lokasi yang strategis oleh para penguasa baik dari bangsa Arab maupun Seljuk yang memang berlomba-lomba untuk bisa menaklukan Konstantinopel saat itu. Bursa terletak di Turki bagian barat, di tepian laut Marmara yang memisahkannya dengan Istanbul. Bursa juga merupakan wilayah Turki yang berada di tanah Benua Asia. Selain dikenal sebagai kota bersejarah, Bursa juga merupakan kota industri dan sudah menjadi semacam sentranya industri otomotif bagi berbagai merek mobil Eropa. Dari Istanbul yang dikenal luas sebagai “ibukotanya Turki” di Eropa, Bursa dapat dicapai melalui perjalanan darat dan ferry penyeberangan sekitar 4 jam perjalanan.

Bursa menjadi salah satu destinasi favorit turis karena menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Selain dari panorama kotanya yang indah, Bursa juga sangat layak dijadikan objek wisata sejarah sebab di kota ini sangat kaya akan monumen keagamaan. Banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa dikunjungi disana. Seperti masjid-masjid yang menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Masjid Agung Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa. Siapa yang tidak mengenalnya, paling tidak kita pernah mendengar nama Masjid Agung Bursa ini yang merupakan masjid terbesar di Turki.

Masjid Agung Bursa atau Bursa Grand Mosque atau Bursa Ulu Camii adalah masjid tua yang berada di kota Bursa. Lokasi masjid ini berada di Atatürk Boulevard di kawasan kota tua Bursa. Dibangun dengan perpaduan gaya Seljuk – Usmaniyah, pada tahun 1396 hingga tahun 1399, atas perintah dari Sultan Yildirim Bayezid I. Rancangan dan pembangunan masjid ini dilaksanakan oleh Arsitek Ali Neccar di tahun 1396–1399. Pembangunan masjid ini merupakan janji dari Yildirim Bayezid I pada saat memenangkan perang Battle of Nicopolis in 1396.

Ulu Camii ini dibangun dengan dua puluh kubah berhubungan dengan Janji dari Yıldırım Bayezid I yang akan membangun 20 masjid apabila berhasil memenangkan perang melawan Pasukan Salib di Perang Nicopolis. Sayangnya ketika beliau memenangkan perang tersebut, bendahara kerajaan menyampaikan pada sang arsitek bahwa keuangan kerajaan tidak mencukupi untuk pembangunan 20 masjid. Hingga rencana ini akhirnya diubah menjadi membangun masjid dengan 20 kubah. Dalam bahasa arab ‘Ulu’ berarti tinggi atau agung, sedangkan ‘Camii / Jami’ adalah Masjid yang digunakan untuk berjamaah lima waktu, maka Ulu Camii maksudnya adalah Masjid Agung.

Masjid Agung Bursa merupakan masjid terbesar di Bursa sekaligus merupakan landmark arsitektur Seljuk karena memang menggunakan begitu banyak elemen dari arsitektur dinasti Seljuk yang sangat kental, dan pembangunannya pada Era awal emperium Usmaniyah. Badan dunia UNESCO telah memasukkan Masjid Agung Bursa (Ulu Cami) ke dalam daftar warisan budaya dunia di tahun 2014 dengan menyebut Masjid Agung Bursa sebagai salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam.

Sekian artikel mengenai Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami), semoga bermanfaat.

Dasar Diisyaratkannya Ibadah Qurban yang Dilakukan pada Hari Raya Haji

HAJI PLUS LANGSUNG BERANGKAT-Idul Adha dinamakan hari raya Haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Penyembelihan hewan kurban ini memiliki kisah sendiri. Pada zaman kenabian, Nabi Ibrahim mendapat wahyu untuk menyembelih anaknya, namun Allah SWT mengganti anak itu dengan seekor kambing. Mengapa Allah SWT. memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri? Yuk kita bahas kisahnya.

Penantian Nabi Ibrahim Agar Dikaruniai Anak

Kisah ini bersumber dari Al-Qur’an, surat Ash-Shaffat ayat 104-107. Setelah Nabi Ibrahim as berpindah dari negeri kaumnya, ia memohon kepada Allah SWT agar dikaruniai seorang anak yang soleh. Dan doa Nabi Ibrahim as dikabulkan Allah SWT, tak lama kemudian istri dari Nabi Ibrahim yang bernama Siti Hajar  melahirkan seorang bayi mungil tampan rupawan yang diberi nama Ismail.

Kesabaran Nabi Ismail

Selama tiga malam Nabi Ibrahim as bermimpi menyembelih anaknya, mimpi itu mengartikan agar Nabi Ibrahim menyembelih anak kesayangannya.  Akhirnya Nabi Ibrahim yakin bahwa mimpi itu adalah perintah dari Allah SWT yang harus dilaksanakan. Setelah itu Nabi Ibrahim menceritakan mimpi tersebut kepada Ismail yang kala itu masih kecil. Ia ingin mendengar pendapat anaknya tentang perintah itu. “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu?” tanya Nabi Ibrahim. Ismail tidak merasa takut atau marah kepada ayah kandungnya karena ia yakin mimpi itu adalah perintah dari Allah SWT. “Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang bersabar.” Ucap Ismail. Keputusan yang Ismail pilih bukan karena paksaan seseorang, kemudian Ismail meminta pertolongan kepada Allah agar ia diberi kesabaran. Ismail tidak menggunakan kekuatan yang ada dalam dirinya, akan tetapi ia meminta kekuatan kepada Allah SWT. Maka dari itu, Allah SWT mencatat nama Ismail sebagai nabi yang tergolong kedalam golongan nabi-nabi yang sabar.

Kemudian mereka pergi ke sebuah tempat yang tinggi. Di tempat itulah, Ismail membaringkan diri dan bersiap untuk disembelih oleh ayahnya. Tetapi ketika semuanya sudah siap, Allah SWT menurunkan wahyu. Untuk membenarkan mimpi itu Allah SWT membalasnya dengan balasan yang setimpal. Allah menggantinya dengan seekor sembelihan yang besar.
Allah SWT berfirman yang artinya :

Dan kami panggillah dia : “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguuhnya demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.” (QS. Ansh-Shaaffat : 104-107).

Yang dimaksud dengan membenarkan mimpi itu adalah mempercayai bahwa mimpi tersebut perintah dari Allah SWT dan wajib untuk dilaksanakan. Sesudah melihat kesabaran Ibrahim as dan Ismail maka Allah melarang menyembelih Ismail. Peristiwa ini menjadi dasar diisyaratkannya kurban yang dilakukan pada hari raya haji. Para ulama sepakat bahwa yang dimaksud dengan sembelihan besar adalah kambing atau domba.
Nabi Ibrahim as berhasil meraih khalilullah (kekasih Allah) karena telah mampu mengorbankan sesuatu yang dicintainya berupa anak, demi mencapai kecintaan kepada Allah. Peristiwa inilah yang selalu diperingati orang muslim setiap tahun dengan anjuran menyembelih hewan kurban pada hari raya Idul Adha.
Begitulah peristiwa yang terjadi pada zaman Nabi Ibrahim as., semoga bermanfaat.

Bagaimana Adab Bepergian Jauh (Safar) ?

Para ahli fiqih sepakat bahwa safar adalah menempuh perjalanan yang merubah hukum dengan niat safar. Jadi, safar adalah seorang meninggalkan kampungnya menuju suatu tempat yang memakan perjalanan sehingga menjadikannya boleh untuk mengambil keringanan-keringanan syari’at bagi orang safar.

1. SHALAT & DOA ISTIKHARAH SEBELUM SAFAR

“Jika kalian ingin melakukan suatu urusan, maka kerjakanlah shalat dua rakaat selain shalat fardhu, kemudian hendaklah ia berdoa (doa istikharah)” (HR. Ahmad, Bukhari)

2. BERTAUBAT KEPADA ALLAH

“… Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri” (QS. Al-Baqarah: 222)

3. MENYELESAIKAN PERSENGKETAAN, AMANAH, HUTANG, & BERWASIAT

“Tiada hak bagi seorang muslim yang memiliki sesuatu yang di dalamnya (harus) diwasiatkan, lantas ia bermalam sampai dua malam melainkan wasiat itu harus (sudah) ditulis olehnya” (HR. Bukhari dan Muslim)

4. BERSAFAR DENGAN BEKAL YANG HALAL

“Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil… ”    (QS. Al-Baqarah: 188)

5. BERSAFAR DENGAN DUA ORANG ATAU LEBIH

“Satu musafir adalah syaitan, dua musafir adalah dua syaitan, dan tiga musafir ialah rombongan musafir” (HR. Ahmad, Abu Dawud. Hadits hasan)

6. BERSAFAR DENGAN TEMAN YANG SHOLIH

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar (jujur)” (QS. At-Taubah: 119)

7. MENGANGKAT PEMIMPIN SAFAR (UTAMAKAN YANG BAIK AKHLAKNYA)

“Jika tiga orang (keluar) untuk bepergian, maka hendaklah mereka mengangkat salah seorang dari mereka sebagai ketua rombongan” (HR. Abu Dawud)

8. DISUNNAHKAN BERSAFAR PAGI ATAU MALAM HARI

“Ya Allah, berkahilah ummatku pada pagi harinya” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi. Hadits hasan)
“Hendaklah kalian bepergian pada waktu malam, karena seolah-olah bumi itu terlipat pada waktu malam” (HR. Abu Dawud. Hadits hasan)

9. BERPAMITAN KEPADA YANG DITINGGALKAN
Doa untuk musafir,

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

“Astawdi’ullaha diinaka, wa amaanataka, wa khowaatiima ‘amalik (Aku menitipkan agamamu, amanahmu, dan perbuatan terakhirmu kepada Allah)” (HR. Ibnu Majah)

Musafir mendoakan untuk orang yang ditinggalkan,

أَسْتَوْدِعُكَ اللَّهَ الَّذِى لاَ تَضِيعُ وَدَائِعُهُ

“Astawdi’ukallaha alladzi laa tadhi’u wa daa-i’ahu (Aku menitipkan kalian pada Allah yang tidak mungkin menyia-nyiakan titipan-Nya)” (HR. Ibnu Majah)

10. MEMBACA DOA KELUAR RUMAH

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

“Bismillahi tawakkaltu ‘alallah laa hawla wa laa quwwata illa billah” (Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya) (HR. Abu Dawud)

11. MEMBACA DOA MENAIKI KENDARAAN & DOA SAFAR

اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَرُ,”
سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، الَلَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، الَلَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، الَلَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيْفَةُ فِيْ اْلأَهْلِ، الَلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوْءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَاْلأَهْلِ.”

Allahu Akbar (3X), Subhaanal-Ladzii sakh-khoro Lanaa haadza wa
maa kunnaa lahu muqri-niina wa innaa ilaa robbinaa lamun-qolibun, Allahumma innaa nas-aluka fii safarinaa hadzal-birro wat-taqwa, wa minal ‘amali maa tardhoo, Allahumma hawwin ‘alaynaa safaronaa haadza wath-wi ‘annaa bu’dahu, Allahumma antash-shoohibu fiis-safari wal-kholiifatu fil-ahli, Allahumma inii a’udzubika min wa’tsa-is safari wa kaabatil-manzhori wa suu-il munqolabi fil-maali wal-ahli

(Allah Mahabesar (3x) Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya, dan sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Yaa Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Yaa ALLAH mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Yaa Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Yaa Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga) (HR. Muslim)

12. BERTAKBIR KETIKA MENANJAK, BERTASBIH KETIKA MENURUN
“Kami apabila berjalan menanjak mengucapkan takbir  اللهُ أَكْبَرُ
(Allahu Akbar) dan apabila jalan menurun membaca tasbih سُبْحَانَ الله (Subhanallaah)” (HR. Bukhari)

13. MEMPERBANYAK MENGUCAP DOA

“Tiga doa yang tidak akan ditolak: Doa orang tua untuk anaknya, doa orang yang sedang berpuasa, dan doa orang yang sedang safar” (HR. Al-Baihaqi)

14. MEMBERITAHUKAN TERLEBIH DAHULU AKAN KEDATANGANNYA

“Agar keluarganya mempunyai waktu terlebih dahulu untuk merapikan diri, berhias, menyisir rambut yang kusut dan dapat bersolek setelah ditinggal pergi” (HR. Muslim)

15. SHALAT 2 RAKA’AT DI MASJID KETIKA TIBA DARI SAFAR

“Sesungguhnya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah tiba dari bepergian pada saat Dhuha, beliau masuk ke dalam masjid dan kemudian shalat dua raka’at sebelum duduk” (HR. Bukhari dan Muslim)