Persiapan Umroh

Setiap umat manusia selalu ingin mencari pahala dan keridhoan dari Maha Penciptanya. Dengan beribadah dan selalu mendekatkan diri diharapkan mampu memberikan berkah ketika masih hidup maupun sudah meninggal nantinya. Salah satu ibadah yang dilaksanakan oleh orang-orang yang berkecukupan secara finansial adalah ibadah umroh. Menenangkan hati dan mengagungkan ciptaannya dengan beribadah langsung ke tanah suci. Umroh yang bisa dilaksanakan kapan saja (kecuali pada tanggal 10 Dzulhijah dan pada hari-hari Tasyrik yaitu tanggal 11, 12, 13 Dzulhijah) menjadi salah satu mimpi yang diidam-idamkan. Sayangnya beberapa orang yang telah berkecukupan secara finansial dan ingin menunaikan ibadah umroh kurang melakukan persiapan umroh secara maksimal sehingga banyak kekurangan dan tidak maksimal pelaksanaannya ketika di tanah suci.

Persiapan merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan ketika melakukan perjalanan, terlebih lagi perjalanan ibadah yang sarat akan sisi religi. Bagi orang-orang yang sebelumnya pernah beribadah umroh biasanya lebih memiliki gambaran daripada orang yang baru pertama kali, tetapi meskipun begitu persiapan maksimal juga perlu dilaksanakan. Perubahan peraturan yang dilakukan kerajaan Saudi Arabia biasanya juga mempengaruhi persiapan umroh yang dilakukan. Berikut ini persiapan umroh yang harus dipenuhi dan diperhatikan.

  • Persiapan secara rohani
  • Mencari travel agent umroh yang bisa dipercaya dan berpengalaman. Bandingkan dengan harga satu travel agent dengan lainnya, jangan tergiur ketika ada yang menawarkan harga yang lebih murah.
  • Biaya yang terlalu murah dan tidak wajar biasanya berefek jadwal keberangkatan yang tidak jelas, terlantar, dimintai tambahan menjelang keberangkatan, fasilitas seadanya, jarak hotel ke Masjidil Haram/Masjid Nabawi sangat jauh.

 

  • Apabila memilih pergi umroh pada waktu musim liburan, menjelang musim haji, atau menjelang Ramadhan biaya yang dikeluarkan akan berbeda. Apabila ingin mencari harga murah bisa mengambil paket umroh setelah musim haji berakhir.
  • Arab Saudi memiliki iklim gurun yang terik dan panas. Tidak ada salahnya memikirkan cuaca ketika memutuskan akan berangkat di bulan apa. Biasanya Juni-Agustus adalah musim panas dengan temperatur sekitar 44 derajat celcius, bulan November-Januari mengalami musim dingin, dan Maret-Mei beriklim normal Arab Saudi.
  • Apabila telah memilih travel agent, teruslah berkoordinasi dan ikuti seluruh petunjuk yang diberikan. Jangan malu dan segan apabila ada hal yang kurang mengerti.
  • Perjelas semua fasilitas yang didapatkan selama umroh
  • Lakukan general check up kesehatan
  • Melakukan persiapan teknis seperti mengecek dikumen berupaka passport dan manasik. Ikuti manasik umroh yang telah dijadwalkan karena kegiatan ini bersifat sangat penting
  • Mulai berolahraga dan menyesuaikan tubuh dengan cuasa panas sebab fisik yang kuat juga diperlukan selama umroh
  • Pelajari bahasa Arab yang praktis, bila perlu simpan buku kecil di dalam tas apabila ingin berkomunikasi dengan penduduk lokal
  • Perbanyak mengkonsumsi vitamin agar daya tahan tubuh meningkat
  • Laksanakan suntik meningitis
  • Mantapkan mental dan niat sebab tanpa keduanya bisa saja umroh tidak bisa maksimal

Demikianlah informasi mengenai pentingnya persiapan umroh, tidak ada salahnya bertanya kepada rekan atau googling mengenai informasi seputar umroh agar ketika beribadah di tanah suci bisa khusyuk dan tidak terganggu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =