Kemegahan Istana Topkapi

Dinasti Utsmaniyah atau Ottoman Turki dikenal sebagai penguasa Islam yang paling berjaya di dunia. Sempat menguasai Eropa selama ratusan tahun, peninggalan dinasti Utsmaniyah masih bisa dilihat hingga kini dan menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis.

Salah satu di antaranya adalah istana Topkapi yang merupakan tempat tinggal Sultan Turki selama 400 tahun. Berada di kota Istanbul dan menjadi bagian dari kawasan bersejarah Istanbul, istana Topkapi dibangun pada awal abad ke-15 setelah sultan Mehmet II berhasil menguasai Konstantinopel, ibukota kekaisaran Byzantium atau Romawi timur (yang kini bernama Istanbul). Istana Topkapi bersama dengan bangunan lainnya di kawasan bersejarah Istanbul tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1985.

Berbeda dengan istana di negara Eropa lainnya yang terdiri dari kastil yang tinggi dan dikelilingi halaman atau taman, istana Topkapi terdiri dari banyak bangunan yang tersebar di bukit dan menghadap langsung ke teluk Golden Horn dan selat Bosphorus.

Istana – istana ini menjadi tempat tinggal sultan dan para istri, para selir, para pejabat kerajaan dan para pegawai kerajaan. Istana bergaya arsitektur Ottoman dan baroque ini terdiri dari 5 komplek istana, menara, dapur, sekolah, masjid juga harem atau tempat tinggal para wanita kerajaan.

Istana pertama merupakan istana para tentara. Di sini terdapat gereja Byzantium Aya Irini yang difungsikan sebagai gudang. Istana kedua merupakan tempat sultan Turki memerintah kerajaannya. Disini terdapat banyak paviliun, taman, barak dan dapur.

Dapur istananya sendiri sangat besar dan megah karena pada waktu itu mempekerjakan 800 pegawai untuk memenuhi kebutuhan makan 4.000 orang di kompleks istana. Di dalam dapur istana Topkapi juga disimpan puluhan ribu koleksi keramik dari China, yang terkenal bisa berubah warna bila terkena racun.

Di bawah Tower of Justice di komplek istana kedua merupakan lokasi Harem atau tempat tinggal para selir sultan. Harem yang secara harfiah berarti terlarang, ditinggali oleh 4 istri sultan beserta 300 selirnya. Istana ini dijaga oleh para pelayan kasim.

Sekian artikel mengenai Kemegahan Istana Tokapi, bila anda berminat untuk berwisata islami dan mengunjungi istana Topkapi anda bisa mengikuti Paket Umroh Plus Turki bersama SimaSakti. semoga bermanfaat.

Keindahan Jalan Istiklal (Istiklal Caddesi)

Jika di Jakarta Istiqlal merupakan nama sebuah masjid, maka di Istanbul Turki, Istiklal adalah nama dari sebuah jalan panjang yang dikhususkan untuk pejalan kaki. Menyusuri jalan Istiklal Caddesi bagi umat muslim adalah pilihan yang tepat karena berujung di Taksim Square. Jalan panjang ini menyajikan jejeran pertokoan, restoran, galeri dan konsulat di kanan-kiri jalan. Taksim square mengapit jalanan di sisi utara dan Galata Tower di sisi selatannya.

Jalan Istiklal Caddesi selalu dipadati oleh pejalan kaki yang melintas, wisatawan dan warga yang mengunjungi pertokoan yang ada di sana. Pada malam hari, Jalan Istiklal sangat indah efek dari lampu-lampu hias yang ada di atasnya.

Hal yang paling tersohor dari Jalan Istiklal Caddesi ialah trem listriknya yang seringkali melintas di tengah jalan. Saat cuaca bersalju pun trem tetap beroperasi melayani warga dengan mengantar sampai tujuan.

Jalan Istiklal juga kian indah dan memukau saat salju turun dari langit. Pepohonan jadi berwarna putih tertutup salju, permukaan jalan terselimuti salju dan udara dingin menyesap ke dalam kulit.

Jalan kaki menyusuri seluruh bentangan Jalan Istiklal memang menyenangkan, tapi bisa membuat kaki pegal, maka untuk tetap menikmati perjalanan, tanpa lelah berlebihan, wisatawan bisa naik trem yang melintas.

Untuk mencapai Jalan Istiklal Caddesi, wisatawan bisa naik trem. Pertama wisatawan bisa naik trem ke arah Kabatas dan turun di halte Kabatas, lalu lanjut naik kereta bawah tanah yang berhenti di Taksim Square, kedua wisatawan bisa juga naik trem ke arah Kabatas, turun di halte Karakoy, lalu lanjut Tunel yang berhenti di Tunel Square yang terletak tidak terlalu jauh dari Galata Tower.

Sekian artikel mengenai Jalan Istiklal (Istiklal Caddes) bagi anda yang ingin mengunjungi atau melihat keindahan Istiklal Caddesi sambil ibadah umroh, anda dapat mengikuti paket umroh plus wisata turki bersama travel simasakti. Selain melihat keindahan jalan Istiklal Caddesi anda juga dapat melihat keindahan lain yang ada di Turki. Semoga bermanfaat.

Bukit Zion di Yerussalem-Israel

Umroh Plus Aqsha-Yerussalem merupakan ibu kota dari Israel yang juga salah satu destinasi wisata terkenal di Israel dan dapat menarik orang-orang yang akan melakukan ziarah agama tiap tahun-nya. Yerusalem juga memiliki sebutan Kota Suci atau Holy Land. Berikut kami akan membahas tentang Gunung Sion yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Yerusalem.

Gunung Sion yang terletak di bagian barat Kota Tua. Ketika zaman Romawi dan Yunani Gunung Sion ini berhubungan dengan alkitab orang Israel. Banyak yang bilang bahwa Bukit Sion adalah bukit yang suci. Kini bukit tersebut banyak digunakan untuk mempelajari alkitab. Orang Kristen atau Yahudi sering mendaki bukit tersebut. Setelah sampai kepuncak Bukit Sion mereka membaca dan mempelajari alkitab secara bersama-sama.

Tepat di atas Bukit Sion perkampungan Yahudi berdiri yaitu di area Kota Alquds dimana masjid Al Aqso yang merupakan tempat suci ketiga umat Islam berdiri. Menurut bangsa Yahudi, Sionis adalah merujuk ke kota Alquds atau Yerusalem yang kini diakui milik mereka.

Pada Abad Pertengahan, peziarah Kristiani menganggap puncak dan titik tertinggi bukit Sion yaitu berada di Al Quds atau Yerusalem yang mereka yakini adalah sebagai lokasi Bait Allah mereka, dan Biara bernama “Hagia Maria Sion Abbey” (Dormition Church) dibangun di atas bukit Sion tersebut.

Namun beberapa anggapan lain umat kristiani nama “Gunung Zion” (Mount Zion) berada di bukit di sebelah selatan kota Alquds atau Yerusalem bagian Armenia (Armenian Quarter), dan bukan bukit Bait Allah mereka.

Untuk mendaki Gunung tersebut bukanlah hal yang mudah, harus disiapkan tenaga dan pikiran yang fokus. Pembekalan pun juga harus cukup, jangan sampai kekurangan bekal ketika sudah sampai di atas Bukit Sion. Persiapan minum pun harus dilebihkan. Alasannya adalah cuasa di Yerusalem yang lumayan panas yang bisa menyebabkan seseorang mudah haus. Bagi orang asing yang datang ke Bukit Sion mungkin akan mengalami perbedaan cuaca, perbedaan itu bisa membuat orang menjadi mudah pusing, mata berkunang-kunang dan dehidrasi. Juga harus membawa obat-obatan pribadi ketika berkunjung kesini.

Sahabat muslim, sekian artikel mengenai Bukit Sion Yerusalem Israel, semoga bermanfaat.

Taman Muntaza Istana Raja Faruq

Umroh Plus Kairo – Masih ingat indahnya dan banyaknya tempat wisata menarik dikota Alexandria ? Dari sekian banyak tempat wisata yang berada di kota Alexandria, Taman Muntaza menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi ketika mengunjungi kota  Alexandria. Taman ini berada di Istana Raja Faruq atau dikenal dengan Istana Muntaza yang sering disebut dengan El Montazah Palace. Taman yang begitu luas dan indah ini menghadap langsung ke laut Mediterania yang memiliki pesona luar biasa dengan desiran angin dan ombak yang semakin menambah keindahan Taman Muntaza.

Taman Muntaza, merupakan taman yang dibangun oleh Raja Faruq untuk menambah keindahan istana Muntaza. Istana Muntaza dibangun pada tahun 1932 oleh Raja Fuad I sebagai tempat peristirahatan Raja Fuad dan keluargannya  yang kemudian di wariskan kepada anaknya yaitu Raja Faruq. Namun pada tahun 1952 Raja Faruk digulingkan dari kudeta mesir karena dugaan penyalahgunaan kekuasaan sehingga Raja Faruk dan keluarganya diasingkan ke Manako.

Taman Muntaza atau Al Montazah Park  merupakan taman kerajaan seluas 61 hektar. Konon, pasangan yang berkunjung ke taman ini kisah cintanya bisa abadi. Taman ini didominasi oleh pohon kurma yang tertata rapi di sekitarnya. Bangunan utama taman ini adalah istana Raja Faruq yang megah  kini istana Raja Faruk sering digunakan untuk menggelar jamuan kenegaraan. Selain Taman Muntaza Istana Raja Faruq yang megah dan indah,  disekitarnya terdapat Salamle Palace yang merupakan tempat tinggal resmi presiden mesir.

Sekian artikel mengenai Taman Muntaza Istana Raja Faruq. Bila sahabat muslim tertarik untuk menikmati indahnya taman Istana Raja Faruq ini, yuk Daftarkan segera di SimaSakti Umroh Plus Kairo.

Mengenal Batu Hajar Aswad

Haji Plus-Assalamualaikum sahabat muslim semua. Kali ini SimaSakti akan membahas sebuah batu. Batu yang telah lama dikenal ratusan abad oleh umat muslim. Yang pernah berangkat ke tanah suci Mekkah pasti telah mengetahui kemahsyuran batu ini, bukan?

Batu Hajar Aswad

Nama Hajar Aswad sendiri jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah batu hitam. Hajar Aswad diletakkan disudut timur ka’bah. Tingginya sekitar 150 cm, berada di atas tanah. Batu Hajar Aswad mempunyai lingkaran sekitar 30 cm dan garis tengah sekitar 30 cm, lebih besar dari lingkaran wajah manusia.

Batu Hajar Aswad berasal dari surga. Dulunya, batu tersebut berwarna putih dan terang benderang, namun karena sering dipegangi oleh orang yang berdosa batu tersebut lama-kelamaan menjadi hitam legam seperti saat ini.

Rasulullah SAW bersabda:

“Hajar Aswad turun dari surga padahal batu tersebut begitu putih lebih putih dari susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut menjadi hitam ” (HR.Tirmizi no.877, shahih menurut syaikh Al Albani).

Batu Hajar Aswad digunakan sebagai penanda bagi umat manusia untuk berkumpul dan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ka’bah. Setelah Nabi Ibrahim mendapatkan batu tersebut, beliau menciumnya diikuti oleh anak Ismail. Jadi tidak heran bagi umat muslim jika ingin mencium batu Hajar Aswad.

Banyak fakta yang terjadi dengan batu Hajar Aswad, salah satunya yang paling fenomenal adalah Zero Magnetism Area yaitu daerah yang dipercaya jika menggunakan kompas pada daerah tersebut, maka kompas tidak akan berfungsi sama sekali karena daya tarik yang kuat antara 2 kutub. Area ini terletak ditengah-tengah antara kutub utara dan kutub selatan.

Batu Hajar Aswad juga memiliki fakta unik yang sangat istimewa bagi umat muslim yaitu:

  1. Batu Hajar Aswad memiliki aroma yang harum

Hal tersebut bukan sekedar omongan kosong belaka, walaupun sudah dicium oleh miliyaran manusia, tetapi batu Hajar Aswad sampai saat ini  masih memiliki harum yang sama seperti semula.

  1. Batu Aswad terpecah

Batu Hajar Aswad yang semula berdiameter kisaran 30 cm terpecah menjadi beberapa bagian, hal ini dikarenakan peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Hingga pada akhirnya batu Hajar Aswad dapat disatukan kembali dan dibingkai dengan perak untuk dikembalikan ketempatnya semula.

  1. Mencium Batu Hajar Aswad sunnah bagi umat muslim

Seperti penjelasan yang di atas, sesuai dengan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW pasa saat setiap kali melakukan tawaf selalu mencium batu Hajar Aswad saat sedang melaksanakan ibadah haji.

Sekian artikel meengenai Batu Hajar Aswad, semoga bermanfaat.

Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami)

Umroh Plus Turki-Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami) – Bursa adalah salah satu kota tua di Turki yang memiliki peranan teramat penting bagi sejarah Turki, sekaligus juga merupakan kota terbesar ke-4 setelah Istanbul, Ankara, dan Izmir. Bursa adalah kota tempat Turki Usmani atau Dinasti / Emperium / Kekaisaran / Ke-Khalifahan Usmaniyah berawal. Di Kota Bursa ini juga, menjadi tempat peristirahatan terakhir pendiri Emperium Usmaniyah, Osman dan putra Orhan Gazi.

Lokasi Bursa yang cukup dekat dengan Konstantinopel (kini Istanbul), telah menjadi pilihan lokasi yang strategis oleh para penguasa baik dari bangsa Arab maupun Seljuk yang memang berlomba-lomba untuk bisa menaklukan Konstantinopel saat itu. Bursa terletak di Turki bagian barat, di tepian laut Marmara yang memisahkannya dengan Istanbul. Bursa juga merupakan wilayah Turki yang berada di tanah Benua Asia. Selain dikenal sebagai kota bersejarah, Bursa juga merupakan kota industri dan sudah menjadi semacam sentranya industri otomotif bagi berbagai merek mobil Eropa. Dari Istanbul yang dikenal luas sebagai “ibukotanya Turki” di Eropa, Bursa dapat dicapai melalui perjalanan darat dan ferry penyeberangan sekitar 4 jam perjalanan.

Bursa menjadi salah satu destinasi favorit turis karena menyimpan banyak peninggalan sejarah Islam. Selain dari panorama kotanya yang indah, Bursa juga sangat layak dijadikan objek wisata sejarah sebab di kota ini sangat kaya akan monumen keagamaan. Banyak tempat-tempat bersejarah yang bisa dikunjungi disana. Seperti masjid-masjid yang menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Masjid Agung Bursa atau Masjid Ulu Camii Bursa. Siapa yang tidak mengenalnya, paling tidak kita pernah mendengar nama Masjid Agung Bursa ini yang merupakan masjid terbesar di Turki.

Masjid Agung Bursa atau Bursa Grand Mosque atau Bursa Ulu Camii adalah masjid tua yang berada di kota Bursa. Lokasi masjid ini berada di Atatürk Boulevard di kawasan kota tua Bursa. Dibangun dengan perpaduan gaya Seljuk – Usmaniyah, pada tahun 1396 hingga tahun 1399, atas perintah dari Sultan Yildirim Bayezid I. Rancangan dan pembangunan masjid ini dilaksanakan oleh Arsitek Ali Neccar di tahun 1396–1399. Pembangunan masjid ini merupakan janji dari Yildirim Bayezid I pada saat memenangkan perang Battle of Nicopolis in 1396.

Ulu Camii ini dibangun dengan dua puluh kubah berhubungan dengan Janji dari Yıldırım Bayezid I yang akan membangun 20 masjid apabila berhasil memenangkan perang melawan Pasukan Salib di Perang Nicopolis. Sayangnya ketika beliau memenangkan perang tersebut, bendahara kerajaan menyampaikan pada sang arsitek bahwa keuangan kerajaan tidak mencukupi untuk pembangunan 20 masjid. Hingga rencana ini akhirnya diubah menjadi membangun masjid dengan 20 kubah. Dalam bahasa arab ‘Ulu’ berarti tinggi atau agung, sedangkan ‘Camii / Jami’ adalah Masjid yang digunakan untuk berjamaah lima waktu, maka Ulu Camii maksudnya adalah Masjid Agung.

Masjid Agung Bursa merupakan masjid terbesar di Bursa sekaligus merupakan landmark arsitektur Seljuk karena memang menggunakan begitu banyak elemen dari arsitektur dinasti Seljuk yang sangat kental, dan pembangunannya pada Era awal emperium Usmaniyah. Badan dunia UNESCO telah memasukkan Masjid Agung Bursa (Ulu Cami) ke dalam daftar warisan budaya dunia di tahun 2014 dengan menyebut Masjid Agung Bursa sebagai salah satu masjid terpenting dalam sejarah Islam.

Sekian artikel mengenai Masjid Agung Bursa (Masjid Ulu Cami), semoga bermanfaat.

Piramida dan Sphinx

Umroh Plus Kairo – Piramida dan sphinx adalah ikon utama pariwisata Mesir yang terletak di Giza, kawasan yang sudah menyatu dengan Kairo. Piramida umumnya digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno yang dikenal dengan nama Firaun. Pada zaman dulu  piramida sering dijadikan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam, karena para raja membawa harta kekayaannya ke dalam kubur. Tinggi piramida sekitar 146.6 m, 480.9 kaki dengan luas 55.000 meter persegi dengan masing masing sisi memiliki luas lebih dari 20.000 meter persegi. Piramida dibangun dengan sistem terowongan yang dirancang dengan sangat rapih. Berlian, emas, mahkota raja, mumi kucing, pakaian terbaik, makanan, dan  madu terdapat didalamnya. Konon katanya benda-benda tersebut berguna untuk raja di akhirat.

Piramida Agung Giza adalah bangunan utama dari kompleks bangunan makam yang terdiri dari dua kuil untuk menghormati khufu, tiga piramida yang lebih kecil untuk istri khufu dan sebuah piramida “satelit” yang lebih kecil lagi, berupa lintasan yang ditinggalkan, dan makam–makam mastaba berukuran kecil di sekeliling piramida para bangsawan. Dibarat laut piramida Giza terdapat sebuah sphinx. Sphinx merupakan patung singa berkepala manusia yang diyakini merupakan kepala khufu. Sphinx adalah patung monumental, patung kerajaan pertama yang benar-benar kolosal di Mesir, dikenal sebagai The great Sphinx of Giza yang memiliki panjang 73,5 meter dengan lebar 6 meter dan tinggi 20 meter.

Sphinx agung Giza merupakan salah satu sphinx yang paling mencolok dari semua sphinx Mesir Kuno. Sphinx ini terletak di dataran tinggi Giza di pinggiran Kairo dan merupakan bagian dari kompleks piramida kuno Giza. Sphinx didirikan pada masa kerajaan Firaun Kafre dari dinasti ke-4. Sphinx di anggap sebagai penjaga makam kerajaan atau kuil oleh orang Mesir kuno.

Ketika memasuki kawasan ini, anda akan melihat unta dan kuda yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Hanya dengan US$ 5 maka anda dapat menunggang unta. Tempat ini sering dijadikan tempat untuk berpoto.  Berbagai suvenir dengan harga murah juga dijual di tempat ini.

Jangan Lupa Menawar Bila Kita Berbelanja Oleh-oleh di Khan Al Khalili!

Umroh Plus Kairo-Khan Al Khalili merupakan tempat berbelanja oleh-oleh yang terkenal, karena di tempat ini banyak yang menjual miniatur atau ciri khas dari kota mesir. Khan Al Khalili terletak di pusat kota kairo. Selain untuk berbelanja, tempat ini juga dapat dijadikan tempat untuk berfoto karena memang pasar ini  merupakan objek yang sangat menarik untuk berfoto, selain orang mesir banyak juga pengunjung dari berbagai Negara yang datang untuk membeli berbagai macam oleh-oleh dan menikmati suasana di dekat masjid Al Husain yang berada di depan pasar Khan Al Khalili atau sekedar duduk di taman.

Selain menjual pernak-pernik cendera mata, di pasar Khan Al Khalili juga menjual aneka pakaian untuk penari perut atau belly dance beserta aksesorisnya, warna dan modelnya pun beragam, terdapat juga Toko Shisha dan perlengkapannya.

Pasar Khan Al Khalili bentuknya berkelok – kelok, telusurilah sampai kedalam untuk mencari cendera mata yang menarik dan harga yang miring, jangan lupa untuk menawar! Para pedagang umumnya sangat ramah walaupun tidak jadi membeli, tawarlah harga serendah mungkin, misalkan harga kotak perhiasan ukuran sedang senilai 50 gene, kita bisa mendapatkannya dengan hanya 20 gene saja, apalagi membeli dengan jumlah yang banyak , mereka tidak segan memberi potongan harga.

Disana terdapat barang-barang seperti:

  1. Gelang
  2. Kalung
  3. Lampu
  4. Miniatur Piramid
  5. Pashmina
  6. Scarf
  7. Bumbu Dapur
  8. Keffiyeh
  9. Karpet
  10. Magnet Kulkas
  11. Papyrus
  12. Alat Musik Tradisional
  13. Topi Mantel
  14. Kartu Pos
  15. Sepatu Kulit
  16. Abaya
  17. Peralatan Shisha
  18. Sampai kostum penari perut

Disamping pasar Khan Al Khalili juga terdapat cafe-cafe dengan dekorasi bergaya tradisional, menu yang ditawarkan pada umumnya makanan khas mesir, ada juga cafe yang menyediakan makanan cepat saji seperti pizza, burger, dan jus buah. Tetapi ada baiknya anda membawa makanan sendiri, dan bisa dinikmati di depan taman di depan Masjid Al Husain, walaupun makanan yang sudah tersedia di cafe tetapi harganya sangat mahal, apalagi melihat pengunjung yang bukan penduduk lokal.

Sekian artikel mengenai pasar Khan Al Khalili, bila anda berniat menjelajah klasiknya suasana pasar ini, daftarkan segera diri anda dan klik Paket Umroh Plus Kairo. Terimakasih pembaca, semoga bermanfaat.

Menambah Ilmu di Papyrus Institute-KAIRO MESIR

Tempat Wisata Kairo Mesir – Kota Giza terkenal dengan kemegahan dan keindahannya. Kota ini merupakan kota yang memiliki objek wisata yang menarik dan banyak orang yang berminat untuk berwisata kesana. Gija (El Giza) adalah kota yang terletak di daerah dekat Kairo (Mesir). Piramida yang ada di kota ini adalah kategori piramida terbesar dibandingkan dengan piramida yang lainnya. Kalian pasti sudah tidak aneh dengan piramida dan sphinx yang berada di kota Giza, namun apakah kalian tahu bahwa di Giza terdapat Papyrus Institute?.

Papyrus institute adalah museum  dan toko yang disetujui pemerintah yang letaknya tidak jauh dari piramida di Giza, dimana pengunjung dapat melihat dan membeli lukisan yang dilukis di atas kertas papyrus. Harganya bermacam-macam mulai dari yang murah hingga yang sangat mahal.  Ditempat ini akan diperagakan cara membuat lembar kertas dari serat papyrus. Ketika memasuki tempat ini anda dapat melihat lukisan-lukisan diatas kertas papyrus yang indah khas budaya Mesir.

Pada zaman Mesir kuno (3.500 SM), kertas papyrus digunakan sebagai media untuk menulis tulisan aksara Hieroglif dan meletakan gambar pada permukaannya. Keuntungan dari kertas papyrus adalah bahannya yang tahan air dan tidak mudah sobek atau rusak dan tahan lama. Sebelum ada kertas yang seperti sekarang mereka membuat kertas dari kulit-kulit tipis atau kulit-kulit halus papyrus.

Papyrus (Cyperus papyrus) merupakan tanaman air yang tumbuh di Afrika utara dan Eropa selatan. Habitat aslinya, tanaman ini bisa mencapai ketinggian 4 meter. Batangnya berwarna hijau berbentuk segitiga, seperti bentuk piramid. Dibagian atas batang terdapat serabut tipis berwarna hijau seperti benang, panjangnya sekitar 10 sampai 30 cm. Iklim yang kering seperti di Mesir, membuat pohon papyrus tumbuh dengan stabil. Biasanya pohon papyrus tumbuh sepanjang tepian sungai Nil dan muara sungai Nil. Di Indonesia, tanaman papyrus juga bisa tumbuh dan sudah cukup banyak menghiasi kolam ikan atau danau.

Sekian artikel mengenai museum Papyrus Institute, bagi anda yang ingin melihat indahnya lukisan dikertas papyrus dan belajar membuat kertas papyrus anda bisa mengikuti paket umroh plus destinasi wisata Cairo.

Pesona Benteng Qaitbay

Umroh Plus Kairo-Benteng Qaibtay adalah salah satu peninggalan bersejarah yang berada di Alexandria, kota cantik yang berada di pinggir laut Mediterania. Benteng Qaibtay merupakan denasti wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya sangat mudah dicapai karena banyak kendaraan umum yang menuju kesana. Dari kejauhan sudah tercium aroma dan hembusan angin laut. Diperjalanan menuju kesana terdapat banyak penjual souvenir dengan jenis beraneka ragam mulai dari hasil laut seperti kerang, miniatur Benteng Qaibtay, serta gantungan kunci. Ketika melihat ke arah laut terdapat beberapa orang yang sedang memancing dan berenang. Adapun orang yang menawarkan jasa untuk naik perahu.

Ketika memasuki Benteng Qaibtay maka akan disambut dengan delapan buah meriam yang berjajar, meriam tersebut terbagi menjadi dua, empat di kanan dan empat di kiri. Benteng Qaitbay terdiri dari tiga bagian utama, diantaranya yaitu dinding besar yang mengelilingi komplek, dinding bagian dalam, dan bangunan utama. Benteng ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama terdapat tempat penggilingan biji-bijian untuk makan tentara dan sebuah masjid yang hampir menempati separuh bagian dari lantai satu. Masjid ini menjadi masjid tertua kedua di Alexandria. Pada lantai kedua terdapat empat bagian dengan lorong-lorong besar yang menarik. Tempat ini digunakan untuk pertemuan antar pemimpin dengan prajurit, pada lantai ini terdapat sebuah miniatur Benteng Qaibtay yang diletakkan di kotak kaca. Pada lantai ketiga terdapat ruangan khusus sultan, di ruangan ini terdapat sebuah jendela untuk melihat halaman dan jendala untuk melihat pemandangan laut. Selain ruangan khusus sultan di lantai ini juga terdapat beberapa ruang kamar yang lebih kecil.

Benteng Qaibtay memiliki halaman yang luas, disisi kanan dan kiri terdapat beberapa kamar untuk prajurit, gudang, kamar mandi, dan ruang amunisi. Sedangkan disamping benteng terdapat koridor yang membentang dari kiri dan kanan menara utama, yang di dalamnya terdapat tempat untuk menyimpan senjata. Bangunan ini dibangun dengan menggunakan bebatuan alam. Koridor ini merupakan bagian terpenting dari Benteng Qaibtay.

Dibagian belakang Benteng Qaitbay terdapat pemandangan yang tidak kalah indah dari bagian depan Benteng Qaitbay. Dibelakang Benteng Qaitbay menjadi tempat favorit untuk berfoto. Hembusan angin laut serta indahnya hampatan laut Mediterania yang luas menjadikan tempat ini tempat yang nyaman dan tenang.

Baca juga artikel terkait tentang tempat wisata di Kairo yang tak kalah kian menarik. Sekian artikel Pesona Benteng Qaibtay yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.