Sejarah Pembuatan Ka’bah

Travel Umroh Bandung Sebelumnya apakah kalian tau ini gambar apa ? kalian belum tau? nah disini kami akan sedikit membahas tentang pembuatan ka’bah.Nabi Ibrahim as telah membangun Ka’bah al Musyarrafah atas perintah Allah.Ka’bah dinamakan sebagai Bayt al-atiq merupakan bangunan yang dipugar pada masa Nabi Ibraihim as dan Nabi Isma’il as.Setelah Nabi Ismaiil datang ke Mekkah atas perintah Allah SWT.

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37).

Sejarah Pembuatan Ka’bah

Nabi Ismail adalah putra dari Nabi Ibrahim dan Siti Hajar,dengan kaki mungilnya yang pertama menyentuh sumber mata air zam-zam.Siti Hajar dan Nabi Ismail yang ditinggal pergi oleh Nabi Ibrahim ke Kanaan ditengah padang pasir.Dan setelah beberapa lama Nabi Ibrahim pun kembali dengan mendapat wahyu untuk membangun Ka’bah di kota tersebut.Ka’bah adalah tempat kedudukan tertinggi dan suci,Ka’bah yang didirikan oleh Nabi Ibrahim As yang terletak tepat di tempat Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Adam yang hancur dihnatam banjir pada massa Nabi Nuh.

Nabi Adam adalah Nabi pertama yang mendirikan Ka’bah sekitar tahun 1500 SM dan dilanjutkan oleh Nabi Ibrahim dan anaknya yaitu Nabi Ismail yang membangun Ka’bah dari bebatuan yang berasal dari bukit Hira,Qubays, dan tempat-tempat lainnya. Hari demi hari mereka Ka’bah,hingga akhirnya selesai dengan panjang 30-31 hasta dan lebarnya 20 hasta.

Pada awalnya Ka’bah hanyalah bangunan tanpa atap dan hanya empat tembok persegi dan dua pintu saja.Dan disalah satu celah bangunan terdapat batu besar hitam atau yang sering disebut dengan Hajar Aswad.Batu itu disimpan di bukit Qubays,batu itu sangat lah istimewa,nah apakah kalian tahu mengapa Hajar Aswad ini di katakana istimewa? Karena batu Hajar Aswad ini merupakan batu pemberian Malaikat Jibril. Awalnya batu Hajar Aswad ini warnanya putih seperti kertas baru yang belum tergores oleh tinta sedikit pun,akan tetapi dengan seiring waktu berjalan dan banyak orang yang melakukan umrah dan haji batu ini mulai berubah menjadi hitam,loh ko jadi hitam?

Mungkin kalian ada yang ingin bertnya seperti itu,iya hitam karena barang siapa yang mencium batu Hajar Aswad tersebut katanya sih dosa-dosanya akan nempel ke batu tersebut,hanya sedikit memberi tahu saja,nah dan buat kalian yang ingin dosanya berkurang maka umrah dan haji lah karena dengan melakukan umrah dan haji kalian akan dapat mencium batu Hajar Aswad.Mungkin hanya itu yang dapat kami share mengenai sejarah pembuatan Ka’bah dan sedikit tentang batu Hajar Aswad semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 18 =